Breaking News:

Berdayakan Marbot Masjid Lewat Gerai Marbot Mart

Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menjelaskan, latar belakang pemberian gerai bagi marbot masjid tidak terlepas dari situasi Kota Bogor 4 bulan lalu

Editor: Mohamad Rizki
Istimewa/Pemkot Bogor
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mendampingi Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro menyerahkan gerai Marbot Mart ke-12 di Masjid Mahabbaturrasul, Jalan Villa Bogor Indah, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Selasa (11/1/2022). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mendampingi Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro menyerahkan gerai Marbot Mart ke-12 di Masjid Mahabbaturrasul, Jalan Villa Bogor Indah, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Selasa (11/1/2022).

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menjelaskan, latar belakang pemberian gerai bagi marbot masjid tidak terlepas dari situasi Kota Bogor 4 bulan lalu ketika virus Covid-19 varian delta tengah ganas-ganasnya, ditambah berbagai pembatasan aktivitas mobilitas warga, salah satunya rumah ibadah sehingga menimbulkan situasi dan kondisi sulit bagi semua pihak.

“Marbot masjid itu profesi mulia, yang pendapatannya berasal dari kencleng jamaah, dengan pembatasan yang ada dapat dibayangkan sudah otomatis berpengaruh pada penghasilan marbot yang merupakan bagian tulang punggung kita dalam menjaga prokes di masjid. Gerai ini hadiah dari warga, saya hanya menyampaikannya,” kata Susatyo.

Menurut dia, melalui Marbot Mart dimensi kesehatan harus berjalan dengan dimensi ekonomi.

Adapun syarat untuk mendapatkan gerai ini 5 tahun menjadi marbot.

Dengan pemberian gerai-gerai tersebut, Kapolresta berharap bisa memberdayakan dan membangkitkan para marbot agar semakin rajin, mandiri, sejahtera dan rajin melayani para jamaah serta bisa membantu yang lain.

Bagi kepolisian masjid merupakan mitra strategis dalam membangun akhlak.

Kapolresta menegaskan, tugas kepolisian tidak lepas dari membangun akhlak.

Jika itu selesai, maka tugas selanjutnya hanya tinggal 30 persen saja. Sebab, pembinaan, preemtif, preventif akan dipegang oleh para ulama, tokoh masyarakat, khususnya yang berbasis pada masjid.

Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah menjelaskan, situasi dan kondisi Kota Bogor yang kondusif saat ini tidak terlepas dari koordinasi yang dilakukan Kapolresta Bogor Kota bersama seluruh jajaran.

Program Marbot Mart menurut Sekda merupakan program yang luar biasa dalam memberdayakan para marbot.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mendampingi Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro menyerahkan gerai Marbot Mart ke-12 di Masjid Mahabbaturrasul, Jalan Villa Bogor Indah, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Selasa (11/1/2022).
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mendampingi Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro menyerahkan gerai Marbot Mart ke-12 di Masjid Mahabbaturrasul, Jalan Villa Bogor Indah, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Selasa (11/1/2022). (Istimewa/Pemkot Bogor)

Pemilihan marbot Masjid Mahabbaturrasul tidak terlepas dari keaktifan DKM, mulai dari kegiatan edukasi, halaqah hingga kegiatan sosial. Syarifah menilai, marbot merupakan salah satu elemen penting masjid, khususnya dalam menjaga kebersihan masjid, utamanya di masa pandemi Covid-19.

“Luar biasa, tidak hanya diurusan ketertiban dan keamanan tetapi hingga urusan kemasyarakatan, kesehatan dan sebagainya, Pak Kapolresta terjun langsung.

Ide terakhir yang dikeluarkan Pak Kapolresta adalah Polisi Sahabat UMKM,” katanya.

Di akhir usai penyerahan, Sekda bersama Kapolresta Bogor Kota dan jajarannya langsung berbelanja di gerai Marbot Mart Masjid Mahabbaturrasul, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved