Breaking News:

Tempat Penambang Emas Ilegal di Nanggung Bogor Jadi Tempat Wisata

Uu mengatakan, masalah tambang merupakan hal yang dilema, disisi lain tambang sangat menguntungkan, di sisi lain kalau pengelolaannya tidak profesiona

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Ardhi Sanjaya
Pemkab Bogor
Tempat Penambang Emas Tanpa Izin (Peti) di wilayah Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor disulap menjadi tempat wisata Sungai Ciguha dan kawasan edukasi konservasi. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, NANGGUNG - Tempat Penambang Emas Tanpa Izin (Peti) di wilayah Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor disulap menjadi tempat wisata Sungai Ciguha dan kawasan edukasi konservasi.

Tempat tersebut diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum bersama Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Kamis (13/1/2022).

Uu mengatakan, masalah tambang merupakan hal yang dilema, disisi lain tambang sangat menguntungkan, di sisi lain kalau pengelolaannya tidak profesional bukan hanya keuntungan tetapi juga kerugian.

Tapi terpenting bukan mengambil dan menggalinya tetapi pemanfaatannya harus sesuai dengan hukum norma dan normatif. 

"Harapan kami ini terus berlanjut, tidak cukup segertakan saja, tapi harus ada keberlangsungan, kontinyuitas, karena ini sangat penting, makanya saya minta daerah-daerah lain bisa mengikuti langkah ini, untuk bisa membasmi penambangan liar," kata Uu Ruzhanul Ulum.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menambahkan, dampak dari Peti atau Gurandil cukup fenomenal bahkan karena berdasarkan hasil penelitian dikaitkan dengan bencana nasional.

Seperti bencana alam tanah longsor besar pada awal tahun 2020 yang terjadi di tiga wilayah, yakni Kecamatan Nanggung, Cigudeg, dan Sukajaya.

"Mudah-mudahan adanya kawasan wisata edukasi ini yang memang menjadi pilot project dapat mengangkat potensi dan perekonomian wilayah Bogor Barat serta menghilangkan PETI," ungkapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved