Tips Membeli Mobil Lewat Lelang Online Agar Terhindar dari Penipuan, Simak Ulasannya

Penipu biasanya akan mengatasnamakan balai lelang resmi dan menawarkan mobil dengan harga yang sangat murah

Editor: Damanhuri
HANDOUT
Peserta lelang mengecek kondisi mesin sebuah SUV di acara lelang terbuka kendaraan bekas di Balai Lelang Asta Nara Jaya (Auksi) di Pool Petukangan, Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2019). Lelang kali ini menawarkan 130 unit mobil bekas berbagai tipe, merk dan tahun pembuatan dan diikuti lebih dari 100 peserta lelang. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Kegiatan lelang mobil online makin populer dan diminati masyarakat, sehingga membuka celah bagi para penipu yang memanfaatkan kesempatan ini untuk meraup keuntungan pribadi.

Penipu biasanya akan mengatasnamakan balai lelang resmi dan menawarkan mobil dengan harga yang sangat murah, dengan mengirim pesan melalui SMS, telepon, juga media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan masih banyak lagi.

PT Balai Lelang Asta Nara Jaya (AUKSI), sebagai balai lelang otomotif terpercaya yang telah beroperasi selama 10 tahun, membagikan tips agar aman membeli mobil dari lelang online dan dapat terhindar dari motif penipuan berkedok lelang mobil online:

1. Cek Keaslian Akun atau Profil Balai Lelang

Jika Anda dihubungi oleh seseorang yang mengatasnamakan balai lelang terkenal
melalui akun media sosial, Anda dapat memperhatikan tampilan atau feed akun media sosial tersebut.

Jika terlihat tidak profesional seperti terdapat tipografi, desain konten atau pengambilan gambar/foto yang buruk, maka kemungkinan besar akun tersebut adalah akun palsu.

2. Jangan Tergiur Harga Murah

Korban dari modus penipuan  lelang pada umumnya tergiur dengan harga mobil yang sangat murah. Padahal harga lelang tidak akan selalu murah karena penjual atau pemilik barang akan me lelang mobilnya sesuai dengan kondisi pasar.

Setiap barang yang di lelang juga akan memiliki nilai limit yaitu harga minimal dari barang yang akan di lelang. Nilai limit ini akan ditetapkan oleh penjual atau pemilik barang.

Jadi, kemungkinan besar harga lelang yang terbentuk akan lebih tinggi dari nilai limit yang sudah ditetapkan penjual.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved