Manfaatkan Barang Bekas, Sanggar Seni Teater RAS Siap Suguhkan Pementasan yang Menggelegar

Sanggar Seni Teater RAS menampilkan sesuatu hal yang berbeda untuk urusan properti dalam keperluan pementasan.

TribunnewsBogor.com/Reynaldi Andrian Pamungkas
Sanggar Seni Teater RAS sedang membuat properti pementasan dari barang bekas di gedung kesenian Kemuning Gading, Bogor, Kamis (3/2/2022) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Sanggar Seni Teater RAS menampilkan sesuatu hal yang berbeda untuk urusan properti dalam keperluan pementasan.

Dalam pementasannya, Sanggar Seni Teater RAS menggunakan barang bekas untuk properti

Tim Artistik Pementasan, Hari Hermansyah (24) mengatakan, untuk setiap pementasan, pihaknya selalu memanfaatkan barang yang terpakai.

"Pakai barang bekas ini ngga buang-buang bahan juga, jadi kita bisa minimalisir bahan," ucapnya kepada TribunnewsBogor.com, saat disambangi di Gedung Kesenian Kemuning Gading, Jalan Ir H Juanda No.12, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (3/2/2022).

Terkait alasan pemanfaatan barang bekas, Hari memaparkan bahwa kelompoknya membantu meminimalisir sampah atau puing.

"Karena banyaknya barang yang tidak terpakai, maka ini dimaksimalkan untuk membuat properti guna pementasan seni. Jadi barang-barang bekas yang digunakan merupakan barang yang sifatnya jangka panjang. Di sini kita pake besi-besi yang ukurannya universal, jadi biar bisa dibuat apa aja," katanya.

Selain tiang besi yang digunakan untuk pembuatan properti, Hari membeberkan bahwa kelompoknya memanfaatkan triplek dan kayu untuk mempercantik set up panggung.

Sementara itu, Hari membeberkan, saat ini  kelompoknya tengah mempersiapkan set up panggung untuk pementasan teater menjelang ulang tahun Sanggar Seni Teater RAS ke-9 .

"Pembuatan properti ini kita buat 15 kotak yang pakai besi dan hasilnya menjadi 3 buah bangunan rumah," ujarnya. Sebanyak 6 orang tim inti artistik yang dibantu oleh seluruh anggota tim pementasan dalam membuat set up panggung ini sehingga bisa terselesaikan dengan cepat," bebernya.

Hari pun menambahkan, nantinya tim artistik akan dibantu oleh seluruh anggota pementasan dengan total 45 orang dan semuanya dibagi penugasan.

"Kalo buat bikin set up panggung kaya gini dari barang bekas, maksimal paling lama satu bulan pembuatannya, tapi kita dibantu semua anggota jadi cepat," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved