Dispudpar Kota Bogor Apresiasi Pertunjukan Sanggar Seni Teater RAS

Sanggar Seni Teater RAS tampilkan pertunjukan teater yang berjudul 'Bleker' di Gedung Kesenian Kemuning Gading, Jalan Ir. H Juanda No.12.

TribunnewsBogor.com/Reynaldi Andrian Pamungkas
Sanggar Seni Teater RAS sedang menampilkan pertunjukan teater berjudul Bleker di Gedung Kesenian Kemuning Gading, Bogor, Sabtu (5/2/2022) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Sanggar Seni Teater RAS tampilkan pertunjukan teater yang berjudul 'Bleker' di Gedung Kesenian Kemuning Gading, Jalan Ir. H Juanda No.12, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Pendiri Sanggar Seni Teater RAS, Ayeng mengatakan bahwa pementasan ini dalam rangka hari ulang tahun Sanggar Seni Teater RAS yang ke-9.

"Kita bikin teater yang judulnya Bleker, artinya bunyi yang nyaring atau ledakan," ucapnya kepada TribunnewsBogor.com, Sabtu (5/2/2022).

Lebih lanjut, Ayeng menjelaskan, Bleker merupakan bahasa original dari kampung yang berada di jalan kyai Haji Ahmad Syah Yani, Kayu Manis, Tanah Sareal, yang di mana sanggar tersebut berada di sana.

Sebanyak 45 orang yang terlibat dalam pementasan teater ini, dengan rata-rata aktornya masih berada di tingkat SMA.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Kesenian Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bogor, Uci Sanusi merespon positif kegiatan yang terselenggara.

Uci menambahkan, kegiatan seni seperti ini bisa memacu kreatifitas kesenian lainnya.

"Dilihat dari persiapan RAS ini sudah matang dan Ayeng sendiri selalu mengeluarkan ide-ide kreatifnya, jadi bagus," katanya.

Uci menyatakan bahwa saat ini dari pihak Provinsi sedang melakukan survei bahasa yang ada di Jawa Barat.

"Dengan adanya Bleker ini kemungkinan akan tercatat bahasa yang ada di Bogor, teater ini kan tentang problem kehidupan di lingkungan mereka dengan nyatuin antara bahasa Betawi sama Sunda tapi lokasinya di Bogor," jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, pertunjukan Teater digelar dalam dua sesi dengan target penonton sekitar 300 orang untuk satu sesinya.

Sesi pertama dimulai pada pukul 02.00 WIB sedangkan sesi kedua pukul 19.30 WIB yang berdurasi selama dua jam.

Ia menambahkan bahwa untuk pertunjukan yang ada di Gedung Kesenian Kemuning Gading ini sudah dua kali dilakukan pada masa pandemi Covid-19.

"Bila sudah dapat izin dari satgas Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan yang benar, maka kegiatan tersebut bisa dijalankan," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved