IPB University

Fakultas Peternakan IPB University Promosikan Program Pascasarjana, Ini Fasilitas yang Didapat

Mahasiswa tidak perlu repot ketika akan mendaftarkan ujian, seminar, maupun pelayanan lain karena sudah disiapkan sistemnya termasuk platform

Editor: Tsaniyah Faidah
Fakultas Peternakan IPB University Promosikan Program Pascasarjana, Ini Fasilitas yang Didapat
Dokumentasi Humas IPB University
Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University mengadakan promosi bertajuk Talk Show Interaktif Pascasarjana Fakultas Peternakan IPB University

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University mengadakan promosi bertajuk Talk Show Interaktif Pascasarjana Fakultas Peternakan IPB University, belum lama ini.

Acara ini mengundang sejumlah alumni berprestasi dari program Pascasarjana Fapet IPB University.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Peternakan IPB University, Dr Idat Galih Permana menyampaikan bahwa sejarah berdirinya program pascasarjana Fapet IPB pada tahun 1975 dan merupakan program studi tertua di Indonesia.

Kemudian, katanya, pada tahun 2007 saat itu berkembang dua Program Studi Ilmu Ternak untuk S2 dan S3 yaitu Ilmu Produksi Teknologi Peternakan (IPT) dan Ilmu Nutrisi Pakan (INP).

“Pada kesempatan ini, kita akan bersama-sama  mengikuti talkshow terkait bagaimana kedua program studi ini bisa berkiprah dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia khususnya dalam peningkatan jenjang dari program S1 ke S2 maupun program ke S3,” jelasnya.

Sementara, Prof Anas Miftah Fauzi, Dekan Sekolah Pascasarjana IPB University mengatakan pihaknya ingin memberikan layanan yang sebaik-baiknya dengan berbagai macam media, baik secara langsung maupun media sosial yang ada ataupun sistem informasi

“Saat ini kami menerapkan moto ramah dan berkualitas," ungkapnya.

Prof Anas menambahkan bahwa mahasiswa tidak perlu repot ketika akan mendaftarkan ujian, seminar, maupun pelayanan lain karena sudah disiapkan sistemnya termasuk platform untuk berkomunikasi dengan dosen pembimbing.

Selain itu, di Pascasarjana IPB juga ada program lulus tepat waktu, program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU), dan program rekognisi pembelajaran lampau yang bisa mempercepat kelulusan tetapi tidak bisa menggantikan tugas akhir.

Wakil Rektor IPB University bidang Inovasi dan Bisnis, Prof Erika Budiarti Laconi, turut hadir memberikan saran dan semangat kepada seluruh peserta yang hadir.

“Untuk masuk di S2, itu ada waktunya dua tahun dan S3 tiga tahun, kalau lewat satu hari anda sudah telat, kalau kurang dari satu hari berarti anda sukses, oleh sebab itu kalau bisa, mengambil mata kuliah dan sebagainya sudah dipikirkan ke arah mana bidangnya.” jelas dia.

Ia juga berharap hasil studi ini bukan hanya mendapatkan gelar S2 dan S3.

Tetapi semua keilmuannya bermanfaat untuk masyarakat dan keluarga.

"Hasil riset bisa kita tingkatkan invensi menuju inovasi, harapannya apa yang kita lakukan harus bisa menjawab tantangan masyarakat, problem di masyarakat dan semoga penelitian-penelitiannya sudah diarahkan kesana," pungkas Prof Erika.

Sesi pertama talkshow ini membahas mengenai Peran dan Posisi Program Studi Pascasarjana Fakultas  Peternakan IPB University dalam kancah nasional dan internasional.

Talkshow ini menampilkan dua narasumber yaitu Ketua Program Studi ITP IPB University, Dr Salundik dan Ketua Program Studi INP Prof Luki Abdullah MScAgr.

Pada sesi kedua, talkshow ini menghadirkan alumni sukses lulusan Fapet IPB University yang berbagi pengalamannya menempuh pendidikan Pascasarjana di Fapet IPB University.

Para alumni terdiri dari Yanto Hardianto, MSi, alumnus S2 INP yang saat ini menjabat sebagai Manager Nutritionist and Research Development PT Central Pangan Pertiwi.

Hadir pula alumni S3 INP Dr Cecep Hidayat, dari Balai Penelitian Ternak Kementerian Pertanian RI, alumni Program PMDSU S3 ITP IPB University dan peneliti BRIN Dr Isyana Khaerunnisa dan Ria Putri Rahmadani, MSi, alumni program sinergi S2 dan juga General Manager PT Pandu Biosains.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved