Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Shalat Idul Fitri untuk Pria dan Wanita, Apakah Perlu Keramas ?

Mandi wajib atau mandi junub sendiri dilakukan untuk menyucikan diri dari hadats besar yang diakibatkan oleh beberapa sebab.

Editor: khairunnisa
sjale
Ilustrasi Mandi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Mandi keramas atau mandi wajib merupakan salah satu persiapan sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri.

Sikap bersuci ini dianjurkan bagi umat Muslim.

Apakah perlu mandi keramas atau mandi wajib sebelum shalat Idul Fitri?

Disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW biasa mandi pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Mandi wajib atau mandi junub sendiri dilakukan untuk menyucikan diri dari hadats besar yang diakibatkan oleh beberapa sebab.

Seperti seorang pria yang keluar air mani atau bagi wanita selesai haid hingga pasangan suami istri maka wajib dilakukan mandi wajib atau mandi junub guna menghilangkan hadats besar.

Maka dari itu, untuk menghilangkan hadast besar atau mensucikan diri, umat muslim wajib melakukan mandi wajib atau mandi junub.

Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, sahabat Al Faakih bin Sa'ad RA, yang menyatakan:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ وَيَوْمَ عَرَفَةَ وَكَانَ الْفَاكِهُ يَأْمُرُ أَهْلَهُ بِالْغُسْلِ فِى هَذِهِ الأَيَّامِ.

Artinya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam biasa mandi di hari Idul Fitri, Idul Adha dan hari Arafah. Dan Al Faakih sendiri selalu memerintahkan keluarganya untuk mandi pada hari-hari itu.

Baca juga: Bacaan Dzikir Usai Salat Idul Fitri, Silakan Diterapkan

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved