HUT Kebun Raya Bogor

Melihat Tanaman Anggrek Langka di Griya Kebun Raya Bogor, Bentuknya Unik dan Usianya 10 Tahun

Griya Anggrek Kebun Raya Bogor merupakan area konservasi yang berfungsi untuk pengembangan Anggrek sekaligus penelitian.

TribunnewsBogor.com/Siti Fauziah Alpitasari
jenis Anggrek Dendrobium Ratna Ernawati, Rabu (18/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnewsbogor.com, Siti Fauziah Alpitasari

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Griya Anggrek Kebun Raya Bogor merupakan area konservasi yang berfungsi untuk pengembangan Anggrek sekaligus penelitian.

Di dalam taman tersebut, terdapat beragam jenis tanaman Anggrek di antaranya jenis Dendrobium Ratri Ayu, Dendrobium tosons, Dendrobium violaceoflavens, Dendrobium strepsiceros dan lainnya.

Di dalam Griya Anggrek ini pun terdapat jenis Anggrek hybrid terbaru dan sudah berumur 10 tahun.

Anggrek  Dendrobium  section Spatulata yang berasal dari Indonesia Timur seperti di Pulau Papua.

Anggrek ini bernama Dendrobium Ratna Ernawati, yang merupakan hasil persilangan dari bunga betina yaitu Dendrobium Ratri Ayu dan bunga jantan Dendrobium strepsiceros.

“Saat ini tingginya sudah hampir 2 meter,” tutur Konservasi Holding Kebun Raya Bogor, Junaedi kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (18/5/2022).

Ia pun memaparkan bahwa tujuan tanaman anggrek salah adalah untuk bahan pemuliaan tanaman agar dapat ditemukan warna-warna lainnya yang lebih cerah seperti ungu, merah muda, putih dan sebagainya.

“Media tanamnya kita hanya gunakan areng kayu tapi kayunya itu pilihan, misal kita pakai dari family Sapindaceae itu bisanya kita gunakan dari jenis lengkeng, leci dan rambutan ujar Junaedi (42).

Lanjut Junaedi, jenis kayu ini memiliki karakter kayu yang kuat dan tidak mudah lapuk.

“Tujuannya memakai areng kayu karena anggrek pertumbuhannya epifit yaitu akar menempel ke media lainnya ,” jelasnya lagi.

Sementara itu Junaedi pun menjelaskan bahwa karakter dari jenis Anggrek Dendrobium Ratna Ernawati, ini adalah sepal dan petal berwarna hijau agak putih.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved