Info Otomotif

Jangan Dianggap Sepele, Ini 3 Risiko Jika Rem Cakram Mobil Tidak Pernah Dibersihkan

Namun, jika rem cakram tidak dirawat dengan baik dan benar maka akan ada efek yang ditimbulkan

Editor: Damanhuri
Gridoto
Rem cakram pada mobil. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Rem cakram pada mobil juga perlu perawatan agar kinerjanya tetap baik. Kondisi rem yang baik akan membuat pengemudi merasa aman. Perawatan rem cakram sebenarnya tidak terlalu sulit.

Namun, jika  rem cakram tidak dirawat dengan baik dan benar maka akan ada efek yang ditimbulkan. Ada tiga dampak negatif tidak melakukan perawatan pada  rem cakram.

1. Tidak Pakem

 Kondisi pengereman yang tidak pakem bisa dikarenakan kotoran yang menempel pada permukaan kampas rem.

"Kampas rem yang banyak residu kotoran akan membuat licin ke permukaan piringan cakram," ucap Sen Sen dari bengkel Senja Otomotive di Pulogebang, Jakarta Timur.

Hal ini membuat daya cengkram rem menjadi menurun dan tidak pakem. Respon rem juga menjadi menurun karena rem tidak pakem.

2. Putaran Roda Seret

Rem yang tidak dirawat dengan baik juga bisa membuat putaran roda menjadi seret. Putaran roda yang terhambat atau seret ini membuat kerugian bagi mesin.

"Kalau roda seret pasti membebani mesin karena harus ada tenaga lebih besar untuk memutarkan roda," jelasnya.

Putaran roda yang seret dikarenakan kaliper rem yang kotor sehingga kampas rem tidak kembali ke posisi semula saat rem tidak diinjak.

3. Bunyi Berdecit

Rem cakram yang tidak dirawat juga bisa menimbulkan bunyi berdecit. "Bunyi berdecit ini karena kotoran residu yang menempel pada kampas rem," tambahnya.

Semakin banyak debu kampas rem maka bunyi berdecit biasanya akan semakin terdengar. Hal ini juga menjadi pertanda kalau rem perlu dibersihkan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Risiko Jika Rem Cakram Mobil Tidak Pernah Dibersihkan

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved