Kadinkes Kota Bogor : Jangan Takut, Wabah PMK Tak Menular ke Manusia

Wabah virus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang menyerang pada hewan ternak saat ini terus menjadi perbincangan.

Penulis: Rahmat Hidayat | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Rahmat Hidayat
Kadinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno saat menjelaskan soal wabah PMK pada hewan saat dijumpai TribunnewsBogor.com, Rabu (15/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT - Wabah virus Penyakit Mulut dan Kaki ( PMK) yang menyerang pada hewan ternak saat ini terus menjadi perbincangan.

Bukan tanpa sebab, wabah PMK ini menyerang hewan ternak bertepatan dengan momen menjelang Idul Adha.

Pemerintah Daerah setempat pun saat ini terus lakukan antisipasi guna menekan penyebaran PMK yang cepat menular antara hewan ternak.

Tidak terkecuali Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Antisipasi yang dilakukan ini mulai dari penyekatan, pemeriksaan hewan masuk, serta saat ini Rumah Potong Hewan (RPH) Bubulak, Kota Bogor, sudah ditutup sementara usai adanya temuan positif PMK.

Tidak hanya itu, virus yang menular secara cepat ini membuat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor terus berkoordinasi.

Kadinkes Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan, saat ini terus lakukan koordinasi dari segi pemahaman kepada masyarakat.

"Untuk Dinkes hanya koordinasi dan memberikan edukasi kepada manusia atau masyarakat Kota Bogor. Kalau penanganan PMK itu DKPP," kata Retno saat ditemui TribunnewsBogor.com di daerah Curug, Kecamatan Bogor Barat, Rabu (15/6/2022).

Pemberian edukasi itu, kata Retno, lebih menyasar kepada apa yang harus diketahui masyarakat mengenai PMK ini.

"Penyakit ini yang menyerangnya kan ke sapi. Dan dia bukan termasuk zoonis. Jadi bukan penyakit hewan yang menular ke manusia. Sampai saat ini informasi kemenkes bahwa PMK bukan zoonis artinya pada sapi dan yang lainnya saja," tambahnya.

Pemberian pemahaman itu, harus terus diberikan kepada masyarakat terlebih menjelang Idul Adha kali ini.

Retno pun menegaskan, sampai saat ini,  Dinkes Kota Bogor masih belum mendapat laporan dari masyarakat Kota Bogor mengenai ketakutan akan PMK.

"Sejauh ini masyarakat sudah disosialisaikan. Untuk saat ini masih aman mengonsumsi daging dan susu, dari sapi. Sampai saat ini pun belum ada laporan dari masyarakat mengenai ketakutannya terhadap PMK," tandasnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved