Polbangtan Bogor

Tanamkan Orientasi Bisnis, Kementan Bekali Petani Literasi Keuangan

Program YESS secara nasional berada dalam naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian

Polbangtan Bogor
YESS PPIU Jawa Barat melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor melakukan pendampingan terkait literasi keuangan dan penyusunan proposal usaha/ perencanaan usaha yang baik dan capable kepada para fasilitator muda 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pemerintah Indonesia telah bekerja sama dengan IFAD untuk mendukung transformasi berkelanjutan di daerah pedesaan yang mempromosikan ketahanan pangan dan gizi.

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi jangka panjang dan kesejahteraan sosial tersebut, maka dibentuk Program Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Pemuda di Sektor Pertanian ( Youth Entrepreneurship and Employment Support Services/ YESS).

Program YESS secara nasional berada dalam naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian yang programnya tersebar di 4 (empat) Propinsi di Indonesia.

Tujuan YESS adalah meningkatkan pendapatan pemuda melalui pekerjaan dan kewirausahaan di sektor pertanian.

Salah satu daya tarik program YESS, adalah upaya peningkatan usaha Pertanian bagi petani milenial.

Kapasitas literasi keuangan merupakan hal yang perlu dipahami oleh peserta YESS, terutama dalam rangka untuk membuat perencanaan usaha maupun untuk keperluan pengajuan Kerjasama permodalan.

Sehingga upaya pendampingan kepada para peserta program YESS perlu dilakukan dengan baik dan terencana.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

"Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemi ini," jelas SYL.

Pria yang telah berpengalaman di bidang pemerintahan ini meyakini melalui pendidikan vokasi pada Politeknik Pembangunan Pertanian [Polbangtan] akan hadir para petani milenial yang berkualitas.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved