Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim Sebut Lokal Pride Konsisten, Kawasan Ciheuleut Bakal Disulap

Rencana yang bergulir ini didasari untuk mengembakan usaha pelaku-pelaku ekonomi kreatif asal Kota Bogor serta mendukung jalannya roda perekonomian

Penulis: Rahmat Hidayat | Editor: Yudistira Wanne
TribunnewsBogor.com/Rahmat Hidayat
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim dan Kawasan Distro Ciheuleut, Kota Bogor, Senin (20/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggaungkan ' Lokal Pride' terus bergulir.

Rencana yang bergulir ini didasari untuk mengembakan usaha pelaku-pelaku ekonomi kreatif asal Kota Bogor serta mendukung jalannya roda perekonomian para pelaku ekraf tersebut.

Bahkan, Pemkot Bogor sudah rumuskan Perwali Nomor 30 Tahun 2022 dengan meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan produk-produk lokal di hari tertentu.

Kali ini, langkah itu akan diwujudkan dengan rencama Pemkot untuk membangun kawasan distro Ciheuleut, Kelurahanan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, menjadi Kampung Distro Ciheuleut.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, dalam rencana itu, kawasan Ciheuleut akan dilakukan revitalisasi.

"Tentunya kita akan tata. Saat ini sudah direncanakan. Nanti, dibikin pedestrian, saluran airnya ditata. Kemudian ditambah lampu. Kita bikin estetik," kata Dedie saat dijumpai TribunnewsBogor.com di Tugu Kujang, Senin (20/6/2022).

Menurut Dedie, penataan itu harus dilakukan guna membangkitkan gairah ekonomi para pelaku ekonomi kreatif yanh berada di Ciheuleut.

"Tentu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan juga para pelaku kreatif di kota bogor dan bagian kampanye lokal pride juga di Kota Bogor," ungkap Dedie.

Rencana itu, kata Dedie, akan terus digeber oleh Pemkot Bogor.

"Kalau keburu kita alokasikan di perubahan anggaran Tahun 2022. Kalau tidak di 2023 nanti," tambah Dedie.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asperbang) Setda Kota Bogor, Dody Achdiat mengatakan, rencana ini saat ini sudah masuk ke dalam tahap pengkajian.

"Saat ini sudah masuk ke dalam tahap pengkajian. Bahkan, sudah pra Feasibility Study (FS) dengan dinas-dinas terkait," kata Dody saat dihubungi TribunnewsBogor.com, Senin.

Kata Dody, pengakajian yang saat ini dilakukan, untuk menentukan khususnya mengenai sistem rekayasa lalu lintas.

Sehingga, nantinya, tidak mempengaruhi mobilitas yang ada di sekitaran Kampung Distro Ciheuleut ini.

"Jadi kita lagi mengkaji nih dari semua kan ketika itu mau dijadikan kampung distro berarti infrastruktur, sarana harus disiapakan. Termasuk jalanan. Disana kan jalanan cuman segitu gitunya kan. Kan tidak mungkin secepat itu kita bisa melewatkan jalan," jelas Dody.

Dody pun membeberkan terkait konsep Kampung Distro Ciheuleut ini.

Menurutnya, konsep Kampung Distro Ciheuleut ini hampir sama dengan kampung-kampung Tematik yang sudah dibangun oleh Pemkot Bogor.

"Yang jelas kita semua SKPD ada istilahnya rembugan, lokasi ditempat itu. Kedua juga kita komunikasikan sama pelaku usahanya dan mereka juga siap dengan produk yang dihasilkan. Hampir sama konsepnya dengan Kampung Tematik," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved