Teka-teki Hilangnya Pria di Gunung Bromo Selama 2 Hari Terjawab, Korban Sempat Pamit Pulang Duluan

Roni Nur Efendi (20), warga Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dilaporkan hilang di kawasan wisata Gunung Bromo

Editor: khairunnisa
Dok. BPBD Kabupaten Malang.
Wisatawan gunung Bromo asal Desa Mangliawan, Kecamatan asal Kecamtan Pakis, Kabupaten Malang, Roni Nur Efendi (20) saat pertama kali ditemukan. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Wisatawan asal Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Roni Nur Efendi (20), yang dilaporkan hilang di Gunung Bromo sejak Minggu (19/6/2022), telah ditemukan, Selasa (21/6/2022) siang sekitar pukul 12.00 WIB.

Ia ditemukan di salah satu tebing di bawah Bukit Pusung Dhuwur, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, dalam kondisi selamat.

"Korban ditemukan sedang terduduk lemas di pinggir tebing, karena dehidrasi," ungkap Kepala Resort TNBTS Bukit Penanjakan, Susion, melalui sambungan telepon, Selasa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Iriawan menyebut, Roni ditemukan pada jarak kurang lebih 200 meter dari tempat awal dilaporkan hilang, dengan kemiringan 65 derajat.

Baca juga: Bocah di Citeureup Bogor Hilang, Ortunya Bikin Pengakuan Mengejutkan, Kasusnya Terus Berlanjut

"Roni ditemukan dari hasil operasi pencarian dan penyisiran tim SAR di area tempat awal dilaporkan hilangnya Roni," ujarnya.

Kini, tim operasi pencarian dan pertolongan terhadap Roni, yang berjumlah sekitar 80 personel gabungan, telah ditutup.

Wisatawan gunung Bromo asal Desa Mangliawan, Kecamatan asal Kecamtan Pakis, Kabupaten Malang, Roni Nur Efendi (20) saat pertama kali ditemukan.
Wisatawan gunung Bromo asal Desa Mangliawan, Kecamatan asal Kecamtan Pakis, Kabupaten Malang, Roni Nur Efendi (20) saat pertama kali ditemukan. (Dok. BPBD Kabupaten Malang.)

"Personel gabungan ini terdiri dari unsur BPBD Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan, Polsek Tosari, Kabupaten Pasuruan, SAR Kanjuruhan, SAR TSA, dan unsur lainnya," pungkas Sadono.

Diberitakan sebelumnya, Roni Nur Efendi (20), warga Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dilaporkan hilang di kawasan wisata Gunung Bromo, Minggu (19/6/2022).

Baca juga: 2 Hari Hilang Usai Pamit Hadiri Syukuran Haji, Muhidin Ditemukan Tak Bernyawa di Kebun

Ia hilang saat berwisata bersama keenam temannya ke kawasan Gunung Bromo pada Sabtu (18/6/2022) sekitar pukul 22.00 WIB.

Setelah sempat masuk ke kawasan Pasir Bromo, Minggu (19/6/2022) dini hari, Roni berpamitan kepada keenam temannya untuk pulang lebih dulu.

Namun, ketika teman-temannya sudah pulang, mereka terkejut ternyata Roni belum sampai ke rumahnya.

Beberapa waktu kemudian, pada pukul 12.38 WIB, petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) justru menemukan sepeda motor jenis Suzuki Satria Fu berwarna hitam bernopol N 5851 ECZ yang diduga milik Roni, di kawasan Bukit Emprit, lengkap dengan helm, hoodie, dan ponsel.

Saat itu, Roni dinyatakan hilang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wisatawan yang Hilang di Gunung Bromo Ditemukan Selamat di Tebing Bawah Bukit"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved