Ketua KPU Kota Bogor Jelaskan Fungsi Aplikasi Sipol Pemilu 2024, Begini Mekanisme Penggunaannya

Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin menjelaskan fungsi aplikasi SIPOL yang akan digunakan pada Pemilu tahun 2024.

Penulis: Rahmat Hidayat | Editor: Yudistira Wanne
TribunnewsBogor.com/Rahmat Hidayat
Ketua KPU Kota Bogor Samsudin. Samsudin saat menjelaskan tentang SIPOL pada Pemilu 2024. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TANAH SAREAL - KPU RI menggunakan sistem aplikasi yang bernama SIPOL sebagai alat kerja untuk membuat proses pendaftaran Parpol lebih mudah, murah, transparan, efektif, dan efisien.

SIPOL dapat diakses dan dibuka oleh Partai Politik calon peserta Pemilu 2024.

" SIPOL dapat dibuka dan diakses oleh Parpol calon peserta Pemilu 2024 mulai 24 Juni 2022 hingga berakhirnya pendaftaran Parpol calon Peserta Pemilu 2024 yaitu pada 7 Agustus 2022," tulis Samsudin Ketua KPU Kota Bogor dalam keterangan tertulis kepada TribunnewsBogor.com, Selasa (28/6/2022).

Kata Samsudin, SIPOL yang dibuat oleh pusat akan berkesinambungan dengan apa yang dilakukan di Kota Bogor.

Nantinya, KPU Kota Bogor akan membuka akses dan melauinching Help Desk yang bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat.

Acara launching dihadiri oleh Ketua dan anggota Bawaslu Kota Bogor, Bakesbangpol Kota Bogor, Disdukcapil Kota Bogor, Kodim 0606 Kota Bogor, Polresta Bogor Kota, dan 20 Parpol calon peserta pemilu 2024 di Kota Bogor antara lain PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Garuda, Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, PBB, PKP, Gelora, Ummat, Buruh, dan Pandai.

"Animo Parpol sangat luar biasa, kehadiran yang lengkap memperlihatkan mereka siap menjadi peserta pemilu 2024,"" Beber Samsudin.

Help Desk ini menjadi salah satu upaya KPU Kota Bogor agar pelayanan kepada pemilih dan peserta pemilu dapat lebih maksimal.

"Semoga Help desk ini menjadi langkah positif untuk memastikan Pemilu 2024 di Kota Bogor sukses dan lancar," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Kota Bogor Pramaditya mengatakan, Help Desk KPU Kota Bogor adalah bentuk implementasi untuk menindaklanjuti keputusan KPU RI Nomor 21 tahun 2022.

"Launching Help Desk KPU Kota Bogor adalah bentuk implementasi dalam menindaklanjuti keputusan KPU RI Nomor 21 tahun 2022 tentang hari dan tanggal pemungutan suara pada Pemilu 2024 serta PKPU nomor 3 tahun 2022 tentang jadwal dan tahapan Pemilu tahun 2024," Kata Sekretaris KPU Kota Bogor Hangga Pramaditya dalam laporannya.

Dengan adanya Help Desk ini, masyarakat dapat mengakses KPU Kota Bogor 24 jam di layanan hotline.

"Selain itu, sekretariat KPU Kota Bogor siap melayani bukan hanya di jam kerja, namun juga di hari libur dengan sistem piket," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved