IPB University

Kabar Baik ! Peneliti IPB University Ciptakan Herbal Mineral Blok untuk Mengatasi PMK

Untuk mengatasi penyakit mulut dan kuku (PMK), peneliti dari Fakultas Pertanian berhasil menciptakan herbal mineral blok.

IPB University
Peneliti IPB University menemukan inovasi beranama Herbal Mineral Blok. HMB ini bisa menjadi inovasi solutif untuk pencegahan penyakit mulut dan kuku pada hewan. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Peneliti IPB University menemukan inovasi menarik dan solutif untuk mengatasi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Inovasi ini bernama Herbal Mineral Blok (HMB) ini ditemukan oleh para peneliti dari departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi pakan, Fakultas Peternakan.

Mereka adalah Dr Suryahadi, Dr Sri Suharti dan Prof Dewi Apri Astuti.

Bahan herbal yang telah dicoba untuk dicampurkan dalam pakan antara lain kunyit, jahe, dan lerak.

Bahan herbal tersebut digunakan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan mineral sekaligus untuk meningkatkan imunitas.

Penelitian ini telah dimulai sejak tahun 2008.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria ketika meluncurkan produk Herbal Mineral Blok, di Kampus IPB University Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu mengatakan.

Inovasi tersebut sangat penting mengingat wabah penyakit mulut dan kuku ( PMK) yang menyebar di berbagai daerah di Indonesia.

Ia mengklaim, inovasi Herbal Mineral Blok dapat membantu meningkatkan imunitas ternak terutama ruminansia.

“Inovasi ini sangat berguna dalam meningkatkan imunitas ternak, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas daging ternak sapi maupun kambing,” kata Prof Arif Satria.

Dengan inovasi tersebut, katanya, merupakan bentuk kontribusi nyata IPB University dalam mengatasi permasalahan di masyarakat.

Ia berharap, inovasi HMB dapat dinikmati oleh masyarakat terutama peternak sapi maupun kambing.

Prof Dewi Apri Astuti, Anggota Tim Peneliti HMB IPB University mengatakan pada masa merebaknya PMK saat ini, pasukan bidang peternakan mencoba mengantisipasi dalam bentuk usaha preventif/pencegahan dengan pemberian pakan yang dapat meningkatkan imunitas ternak.

Lebih lanjut ia katakana bahwa pola pemeliharaan ternak ruminansia seperti sapi, kambing, dan domba pada peternakan rakyat yang masih mengandalkan rumput sebagai pakan utama, sering menyebabkan ternak kekurangan nutrien.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved