Info Jalur Puncak

Libur Idul Adha, Ini Pengaturan Lalu Lintas di Puncak yang Diterapkan Satlantas Polres Bogor

Satlantas Polres Bogor sudah melakukan persiapan-persiapan untuk mengatur lalu lintas di Jalan Raya Puncak Bogor.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Ini Pengaturan Lalu Lintas yang Diterapkan Satlantas Polres Bogor di Jalur Puncak 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Jelang Libur Idul Adha 2022, Satlantas Polres Bogor sudah melakukan persiapan-persiapan untuk mengatur lalu lintas di Jalan Raya Puncak Bogor.

Sejumlah pengaturan akan diberlakukan pada momen libur Idul Adha tanggal 8, 9 dan 10 Juli 2022 ini.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Ardian Novianto menjelaskan, suasana momen libur Idul Adha agak berbeda dengan Idul Fitri yang kerap ramai oleh warga yang melakukan perjalanan antar kota.

Sehingga instansi gabungan yang dilibatkan dalam pengamanan arus lalu lintas di momen Idul Adha tidak sebanyak saat pengamanan Idul Fitri.

"Jadi kita hanya kerja sama dengan Satpol dan Dishub saja untuk pelaksanaan pemeriksaan ganjil genap," kata Ipda Ardian Novianto saat dihubungi TribunnewsBogor.com, Jumat (8/7/2022).

Selain itu, mengingat nanti pada saat Idul Adha masyarakat melaksanakan kegiatan ibadah salat Ied di masjid, Satlantas juga akan terfokus pada pelaksanaan pengamanan-pengamanan di seputar masjid untuk kelancaran arus.

Ganjil genap

Ipda Ardian mengatakan bahwa pemeriksaan ganjil genap di Jalan Raya Puncak diberlakukan di momen libur Idul Adha 2022 ini.

Bahkan ganjil genap ini sudah mulai diterapkan sejak Jumat (8/7/2022) sore yang akan berlaku sampai nanti Minggu (10/7/2022) malam.

"Kalau ganjil genap kita laksanakan mulai dari hari ini sore dan nanti malam. Setelah Ashar sampai dengan nanti sebelum Maghrib kita laksanakan, nanti baru malam kita laksanakan kembali," kata Ipda Ardian Novianto.

One way

Ipda Ardian mengatakan bahwa penerapan sistem satu arah atau one way di Jalan Raya Puncak bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan termasuk pada momen libur Idul Adha 2022 ini.

"Kita tetap akan melihat arus kendaraan yang menuju ke Jalur Puncak. Apabila memang terjadi lonjakan, kita tetap tidak akan menghilangkan sistem rekayasa one way, baik itu one way ke atas maupun ke bawah," katanya.

Nantinya, kata Ardian, sebelum dilaksanakan rekayasa arus lalu lintas one way, pihaknya tetap melaksanakan kegiatan pemeriksaan ganjil genap terlebih dahulu.

Contraflow

Ardian mengaku bahwa Satlantas Polres Bogor juga berkoordinasi dengan pihak Jasamarga untuk persiapan dalam membuka akses contraflow.

Contraflow yang dimaksud adalah dari pintu keluar GT Ciawi sampai dengan Tol Jagorawi KM.46 sebelum masuk ke interchange ke arah Jalur Puncak yang menuju ke Ciawi.

"Jadi apabila memang arusnya besok Sabtu - Minggu itu padat, maka kita persiapkan jalur contraflow dan kita persiapkan juga untuk one way ke atas maupun ke bawah," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved