Buka Pendaftaran SNMPTN Barat, IPB University Terima 107 Siswa dari 1643 Pendaftar

Jalur tes masuk untuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) IPB University resmi ditutup pada 12 Juli 2022 kemarin.

TribunnewsBogor.com/Reynaldi Andrian Pamungkas
IPB University membuka Pendaftaran SNMPTN Barat, Terima 107 Siswa Dari 1643 Pendaftar 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, DRAMAGA - Jalur tes masuk untuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) IPB University resmi ditutup pada 12 Juli 2022 kemarin, hal tersebut dinyatakan oleh pihak IPB University.

Assisten Direktur Penerimaan dan Registrasi Mahasiswa Baru IPB, Utami Dyah Syafitri mengatakan bahwa pendaftaran PTN saat ini sudah ditutup semuanya per tanggal 12 Juli kemarin.

"Nanti pelaksanaan tesnya tanggal 15 besok, itu udah bener bener jalur terakhir yang kita buka," ucapnya kepada TribunnewsBogor.com di ruang perpustakaan IPB University, Kamis (14/7/2022).

Menurutnya, semua PTN di Indonesia sudah ditutup pendaftarannya, dikarenakan adanya peraturan pemerintah, yang di mana PTN hanya boleh menerima siswa baru hingga tanggal 30 Juli 2022.

Lalu, untuk pendaftaran kampus pada bulan Agustus dan September hanya buka perguruan tinggi swasta saja.

Utami Dyah Syafitri mengungkapkan bahwa di IPB University ini terdapat beberapa seleksi penerimaan calon mahasiswa baru.

"Seleksi mandiri IPB itu tanggal 11 Juli, peserta yang ikut tes itu sekitar 7.500 pendaftar," katanya.

Lalu, untuk jalur UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) kurang lebihnya ada 16.000 pendaftar.

IPB University ini juga membuka jalur PTN'>SNM PTN Barat, yang di mana jalur tersebut baru pertama kalinya dilakukan.

"Kalau PTN'>SNM PTN Barat ini kan soalnya dan sistemnya dari panitia pusat, kalau itu kita hanya sebagai pelaksana tes saja, yang kita ada kuota disitu hingga tanggal 12, 13 dan 14 Juli," jelasnya.

Untuk seleksinya sendiri, PTN'>SNM PTN Barat ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2022 dan untuk pengumumannya pada Senin (18/7/2022) nanti.

Menurutnya, untuk kuota IPB University ini pada jalur PTN'>SNM PTN Barat hanya memiliki kuota sebanyak 107 siswa dari 727 orang yang mengikuti tes.

Utami Dyah Syafitri mengatakan bahwa untuk pelamar di IPB University melalui PTN'>SNM PTN Barat ini sebanyak 1.643 orang.

" PTN'>SNM PTN jalur barat, jalur barat itu berarti universitas negeri di wilayah barat seperti Jawa barat hingga pulau Sumatra," terangnya.

Pada PTN'>SNM PTN Barat ini terdapat 32 PTN yang tergabung dan calon mahasiswa dapat mengeceknya di website PTN'>SNM PTNbarat.id.

Pada website tersebut, kata Utami Dyah Syafitri calon mahasiswa bisa memilih PTN yang diinginkan.

Utami Dyah Syafitri menegaskan bahwa untuk jenjang Sarjana saat ini sudah ditutup jalur pendaftarannya hanya tinggal pelaksanaan tesnya saja.

"Biasanya kalau sudah S1 selesai maka akan ke Diploma atau vokasi, itu sudah ditutup semua tanggal 12 kemarin, nanti pelaksanaan tesnya tanggal 15 besok," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved