Alasan Dianjurkan Berpuasa di Bulan Muharram, Dapat Ganjaran Istimewa Ini

Puasa sunnah di bulan Muharram dianjurkan dikerjakan umat muslim karena terdapat keutamaan yang dijelaskan Rasulullah SAW dan diriwayatkan dalam hadis

Penulis: tsaniyah faidah | Editor: Tsaniyah Faidah
Kompas.com
Ilustrasi - Adanya keutamaan puasa sunnah di bulan Muharram membuat umat muslim sangat dianjurkan untuk mengerjakan amalan ini. Bahkan kemuliaan bulan Muharram tersemat dalam Al-Qur'an surat At Taubah ayat 36. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Ada amalan penting yang dianjurkan saat memasuki bulan Muharram.

Pasalnya, Muharram adalah bulan yang istimewa dalam Islam, selain Rajab, Zulkaidah, dan Zulhijah.

Sehingga ada kemuliaan bulan Muharram yang tersemat dalam Al-Qur'an surat At Taubah ayat 36.

Q.S. At-Taubah ayat 36, Allah SWT berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Artinya:"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa."

Dalam ayat tersebut yang dimaksud empat bulan haram adalah Dzulqidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.

Bulan-bulan ini memiliki kesucian, di antara bentuk kesucian dan kemuliaan bulan-bulan ini adalah kaum muslimin dilarang berperang, kecuali terpaksa; jika diserang oleh kaum kafir.

Di bulan Muharram, berpuasa merupakan amalan yang dianjurkan umat muslim.

Puasa sunnah tersebut dikerjakan karena terdapat keutamaan.

Keutamaan puasa Muharram ini dijelaskan oleh Rasulullah SAW dan diriwayatkan dalam hadits yang artinya:

Artinya: "Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah- Muharram. Sementara sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam." (HR Muslim)

Anjuran puasa bulan Muharram juga dijelaskan dalam riwayat lain dan disebutkan bahwa orang yang berpuasa di bulan Muharram dapat diterima taubatnya oleh Allah SWT.

Hadits ini dijelaskan oleh Ali bin Abi Thalib yang mengutip sabda Rasulullah SAW.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved