Pemkot Bogor Optimis Sabet Penghargaan Adipura, Pengelolaan Sampah Hingga Taman Kota Masuk Penilaian

Kini, dalam tahapan mendapat penghargaan itu, Pemkot Bogor sedang dinilai oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penulis: Rahmat Hidayat | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Rahmat Hidayat
Ilustrasi Fasilitas Umum yang masuk kepada penilaian penghargaan Adipura 2022 di Kota Bogor, Selasa (30/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor optimis bakal sabet penghargaan Adipura 2022.

Kini, dalam tahapan mendapat penghargaan itu, Pemkot Bogor sedang dinilai oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Diketahui, dalam lomba Adipura yang terakhir dilaksanakan pada 2019 lalu, Kota Bogor hanya mendapatkan sertifikat pengurangan sampah, di bawah piala Adipura.

"Sekarang udah bukan persiapan lagi. Sekarang sudah masuk dalam tahap penilaian dari kemarin. Ada beberapa item lokasi yang dinilai," kata Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Feby Darmawan kepada  TribunnewsBogor.com, Selasa (30/8/2022).

Tahapan yang sudah masuk penilaian ini, sambung Feby, ada beberapa indikator yang sudah dinilai.

Dimana, penilaian itu dilakukan kepada beberapa indikator yang disandang oleh Kota Bogor sebagai kota metropolitan dengan penduduk lebih dari 1 juta penduduk.

Untuk itu, kategori yang akan dilakukan penilaian oleh Tim KLHK diantaranya, pengelolaan sampah di perumahan atau pemukiman, jalan, pasar, pertokoan, sekolah, terminal, stasiun, Rumah Sakit, perairan terbuka, TPA, Bank Sampah, Bank Sampah Induk.

Lalu, fasilitas pengelolaan sampah dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), fasilitas pengelolaan sampah dikelola oleh Pemerintah Daerah (Pemda) pengelolaan RTH, hutan kota serta taman kota.

"4 klasifikasi yang menjadi persyaratan penilaian adipura berdasarkan status Jakstrada, kapasitas pengelolaan sampah, operasional TPA serta luasan ruang terbuka hijau," ujarnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved