Pergeseran Tanah di Bogor

Pemkab Bogor Siapkan Langkah Konkret Untuk Korban Pergeseran Tanah di Babakan Madang

Pemerintah Kabupaten Bogor akan mengambil langkah konkret terkait bencana pergerakan tanah di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng.

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Yudistira Wanne
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Plt Bupati Bogor (Baju Putih) mengatakan sedang mempersiapkan langkah untuk korban pergerakan tanah di Babakan Madang, Kabupaten Bogor (16/9/2022) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIAWI - Pemerintah Kabupaten Bogor akan mengambil langkah konkret terkait bencana pergerakan tanah di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat menghadiri kegiatan bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, dengan menggunakan mobil klinik keliling desa yang digelar DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, di Deaa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jumat (16/9/2022).

Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan Peraturan Bupati (Perbup) tentang pernyataan bencana.

"Jadi untuk yang di Bojong Koneng ini, kami sudah membuat satu Perbup tentang pernyataan, dan kemarin saya sudah tanda-tangan untuk bagaimana penanggulangan bencana ini bisa leluasa, baik itu didalam pelaksanaan personal, ataupun didalam penggunaan anggaran," ujarnya kepada wartawan.

Untuk langkah lainnya yang akan diambil Pemkab Bogor, ialah akan mengundang tim mitigasi dari geologi maupun yang lainnya untuk mengkaji tanah di lokasi tersebut.

"Langkah-langkah konkret akan dilaksanakan, mungkin relokasi atau menjadikan zona itu zona merah agar tidak ditempati masyarakat, terkait bantuan, kami akan bertahap berikan ke masyarakat," kata Iwan Setiawan.

Iwan Setiawan mengatakan, untuk saat ini Pemkab Bogor masih merumuskan solusi dalam kedarurtan.

"Jangka pendek mungkin evakuasi dan kegiatan masyarakat dulu, seperti menyewakan rumah atau memang merelokasi rumah ke depan," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved