Pergeseran Tanah di Bogor

Pergeseran Tanah Terjadi di Bojong Koneng Bogor, DPRD Bahas Relokasi, Bakal Jadi Kampung Mati ?

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Agus Salim meninjau lokasi pergeseran tanah di Kampung Curug dan Gunung Batu, Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Yudistira Wanne
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Agus Salim didampingi BPBD saat meninjau lokasi bencana pergeseran tanah di Desa Bojongkoneng, Kabupaten Bogor, Jumat (16/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BABAKAN MADANG - Pergeseran tanah di Kampung Curug dan Gunung Batu, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor dikhawatirkan masih akan terus terjadi.

Saat ini warga yang tinggal di area rawan sudah mengungsi ke tempat pengungsian dan juga sebagian ke rumah kerabat.

Seusai meninjau langsung ke lokasi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Agus Salim menjelaskan bahwa potensi retakan masih terjadi.

"Sampai hari ini cukup banyak ya, potensi retakan dan pergeseran. Sampai sekarang masih bergeser, mulai dari kemarin tiga hari," kata Agus Salim kepada TribunnewsBogor.com seusai meninjau lokasi, Jumat (16/9/2022).

Kekhawatiran ini juga semakin besar apabila kampung yang dilanda pergeseran tanah ini kembali diguyur hujan deras.

Baca juga: Datang ke Lokasi Pergeseran Tanah, Rudy Susmanto Prihatin dan Minta Pemkab Bogor Segera Bergerak

Sebagian warga sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman, namun sebagian warga juga ada yang masih bertahan.

"Tapi kita imbau kepada mereka kalau malam juga terutama daerah-daerah yang labil untuk mengungsi aja, itu terkait kondisi yang ada," kata Agus Salim.

Untuk penanganan ke depannya, kata dia, pihak DPRD akan membahas bersama dengan semua pihak terkait termasuk membahas soal relokasi apabila dimungkinkan.

Pergeseran tanah menghancurkan perkampungan di Kampung Curug, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.
Pergeseran tanah menghancurkan perkampungan di Kampung Curug, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. (TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy)

"Kita akan duduk bareng dengan semua dinas terkait, termasuk juga berbagai institusi terkait, ini bagusnya kayak apa. Sempet ngobrol juga tadi kemungkinan relokasi sudah terpikir, dan ada tawaran-tawaran juga tempat," kata Agus Salim.

Namun saat ini, kata dia, penanganan sementara difokuskan ke penanganan awal seperti soal pengungsian, bantuan, pengamanan rumah yang ditinggalkan warga dan yang lainnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved