Pergeseran Tanah di Bogor

Datang ke Lokasi Pergeseran Tanah, Rudy Susmanto Prihatin dan Minta Pemkab Bogor Segera Bergerak

Rudy Susmanto meninjau lokasi bencana pergeseran tanah di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Yudistira Wanne
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, tinjau lokasi bencana pergeseran tanah di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor (16/9/2022) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BABAKAN MADANG - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto meninjau lokasi bencana pergeseran tanah di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jumat (16/9/2022).

Turut didampingi juga oleh Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin dan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Ajat Rochmat Jatnika.

Dalam tinjauannya, ia mengatakan kondisi tanah di wilayah tersebut memanglah labil, sehingga dirinya meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor untuk melakukan pemetaan mitigasi bencana.

"Melihat kondisi hari ini, saat intensitas hujan masih tinggi, kami mengimbau ke masyarakat untuk tidak mendiami dulu rumah yang terdampak, setelah tidak ada pergerakan, baru kita evaluasi lagi," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Pergeseran Tanah Terjadi di Bojong Koneng Bogor, DPRD Bahas Relokasi, Bakal Jadi Kampung Mati ?

Dengan dampak yang sangat banyak akibat pergeseran tanah tersebut, Ketua DPRD Kabupaten tersebut meminta Pemkab Bogor untuk menggunakan anggaran bantuan nelanja tak terduga (BTT), karena dalam kondisi darurat.

"Karena fungsi DPRD adalah bugdeting dan pengawasan, hari ini memastikan bahwa anggaran belanja dari BTT, kebutuhan masyarakat terpenuhi, dari sisi infrastruktur segera diperbaiki, jadi jangan sampai ada yang terlewat dari kepentingan masyarakat," terangnya.

Baca juga: Detik-Detik Warga Kampung Curug Berlarian Dikejar Retakan Tanah, Panik Akses Jalan Hancur

Diwartakan sebelumnya, Kampung Curug yang berada di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor mengalami pergeseran tanah.

Belasan rumah mengalami kerusakan dan infrastruktur jalan utama desa ambles sehingga tidak bisa dilalui.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved