Breaking News:

Doa Harian

Bacaan Doa Setelah Adzan Ashar dan Doa Sore Hari untuk Minta Keberkahan di Hari Jumat, Lengkap Arti

Usai memahami doa setelah adzan, Anda juga perlu mengetahui bacaan doa sore. Bacaan doa ini untuk memperoleh keberkahan di hari Jumat.

Penulis: tsaniyah faidah | Editor: Tsaniyah Faidah
TribunnewsBogor.com
Allah swt akan memberikan pahala setimpal dengan 10 kali bersholawat bagi yang berdoa setelah adzan. Usai memahami doa setelah adzan, Anda juga perlu mengetahui bacaan doa sore yang dianjurkan untuk dibaca di waktu mustajab di hari Jumat. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Allah SWT akan memberikan keistimewaan bagi umat Muslim yang membaca doa setelah adzan, termasuk waktu ashar.

Salah satu dari keistimewaan yang didapat jika membaca doa setelah adzan, yakni terhapuskan perbuatan salah dan dosa.

Bahkan, Allah SWT juga akan memberikan pahala setimpal dengan 10 kali ber sholawat bagi yang ber doa setelah adzan.

Dilansir dari Islam NU, dalam kitab Asna Al-Mathalib karya Imam Zakaria Al-Anshari, Juz II halaman 456 disebutkan bahwa setelah adzan selesai, disunahkan bagi muadzin dan yang mendengar untuk membaca sholawat.

Doa setelah adzan yang paling pertama adalah membaca solawat Ibrahimmiyah.

Bunyi sholawat Ibrahimiyyah adalah:

اللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْت عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ إنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ `âli sayyidinâ Muhammad kamâ shallaita ‘alâ sayyidinâ Ibrâhîm, wa ‘alâ `âli sayyidinâ Ibrâhim, wa bârik ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ `âli sayyidinâ Muhammad kamâ bârakta ‘alâ sayyidinâ Ibrâhim, wa ‘alâ `âli sayyidinâ Ibrâhîm, innaKa Hamîdun Majîdun

Artinya: “Ya Allah, berilah rahmat pada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaiman Engkau merahmati Nabi Ibrahim dan keluarganya, serta berkatilah Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau berkatilah Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung”

Baca juga: Doa Setelah Adzan Dzuhur Beserta Arti, Lengkap Bacaan Dzikir Siang Hari

Setelah membaca sholawat Ibrahimiyyah, Anda bisa melanjutkan doa setelah adzan Ashar apabila adzan Ashar yang berkumandang.

Ini bacaan doa setelah adzan Ashar:

اللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ سَيِّدَنَـامُحَمـَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَالدَّرَجَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا المَحْمُودًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Allâhumma Rabba hâdzihid-da‘wati at-tâmmati, wash-shalâtil-qâimati, âti sayyidanâ Muhammad al-washilah wal fadlîlah, wad-darajatar rafî’ah wab’atshu maqâman mahmûdan alladzî wa’adtah, innaka lâ tukhliful-mî‘âd

Artinya: “Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan salat yang tetap didirikan, karunialah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang.”

Ilustrasi - Membaca doa setelah adzan akan mendapat banyak keutamaan.
Ilustrasi - Membaca doa setelah adzan akan mendapat banyak keutamaan. (net/TribunManado.co.id)
Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved