IPB RUN 10K 2022, Ada Beasiswa untuk Mahasiswa IPB University dari Penanaman Pohon Langka

IPB RUN 10K yang merupakan event perdana antara IPB University bersama Himpunan Alumni (HA) IPB digelar di Kampus IPB University, Kecamatan Dramaga.

Dokumentasi IPB University
IPB RUN 10K 2022 digelar di kampus IPB University, Dramaga, Kabupaten Bogor, yang di mana akan ada beasiswa untuk mahasiswa IPB University dari penanaman pohon langka, Senin (3/10/2022). 
Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas
TRIBUNNEWSBOGOR.COM, DRAMAGA - IPB RUN 10K yang merupakan event perdana antara IPB University bersama Himpunan Alumni (HA) IPB digelar di Kampus IPB University, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, pada Minggu (2/10/2022) kemarin. 
Ketua HA IPB, Walneg S Jas mengatakan bahwa IPB Run 10K ini diikuti oleh para alumni, mahasiswa, civitas akademika IPB, komunitas pelari se-Jabodetabek dan masyarakat umum.
"Lari kali ini sangat istimewa, karena mengambil tema IPB Inspiring Run For The Earth, jadi selesai lari akan dilanjutkan dengan menanam pohon," ungkapnya kepada TribunnewsBogor.com dalam keterangannya, Senin (3/10/2022).
Menurutnya, kegiatan ini merupakan rangkaian acara dari Dies Natalies IPB University ke-59, yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu IPB RUN 5K dan IPB RUN 10K. 
Selain itu, rute yang ditempuh juga pada IPB RUN 10K ini, peserta menyusuri kesejukan alam pada wilayah IPB University, yang di mana para pelari disuguhkan lahan hijau seperti perkebunan dan sungai.
Lalu, seusai berlari ratusan peserta juga melakukan penanaman pohon sebanyak 600 buah di lingkungan kampus IPB University. 
Dari 600 pohon tersebut, 200 pohon diantaranya merupakan pohon langka dan selebihnya pohon buah-buahan dan kayu.
Pohon langka yang ditanam itu, yakni pohon kecapi, bisbul, kemang, rukem kuweni, burahol, manggis hutan, sempur, eboni, ulin, cendana, damar atau agathis, saninten, cempaka putih, merbau dan gandaria.
Pohon-pohon langka ini merupakan donasi dari donatur beasiswa melalui YAPI.
Walneg S Jas mengungkapkan, dari kegiatan IPB RUN 2022 ini mengalokasi sebagian uang pendaftaran peserta untuk beasiswa bagi para mahasiswa IPB University, yang akan disalurkan kepada Badan Otonom HA IPB, yaitu Yayasan Alumni IPB (YAPI).
"Kami berharap anak asuh yang sekarang diharapkan ke depannya akan menjadi orang tua asuh dimasa mendatang," katanya.
Dalam hal ini, kata Walneg S Jas sudah dua tahap dalam penyaluran beasiswanya yang sebesar Rp 800 juta. 
Hal tersebut merupakan donasi yang simboliskan dengan penanaman pohon, yang di mana pohon ditanam oleh orang tua asuh dan akan dipelihara oleh anak asuhnya.
IPB RUN 2022 ini yang merupakan rangkaian perayaan Dies Natalis IPB University ke-59 yang akan memperkuat komitmen untuk membantu meningkatkan eksposure IPB University.
Serta mendukung juga gaya hidup sehat, yang di mana nantinya akan menjadi donasi beasiswa dan gerakan menyelamatkan bumi untuk generasi yang akan datang.
Sementara itu, Rektor IPB University, Arif Satria menambahkan bahwa pelari dapat menikmati pemandangan alam disekitar kampus IPB University. 
"Untuk para runners, have fun selamat menikmati pemandangan alam sekitar Kampus IPB University," pungkasnya. (*)
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved