Antisipasi Tawuran Pelajar, SMPN 13 Bogor Edukasi Orang Tua Murid Dalam Penggunaan Handphone

"Ini salah satu upaya dari kami menyikapi bukan tawuran saja, terus kita liat juga begitu canggihnya HP digital untuk anak-anak, kami mengundang orang

TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Gebyar Pendidikan SMPN 13 Kota Bogor, edukasi wali murid dalam hal pengawasan di era digital (6/10/2022) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR SELATAN - SMP Negeri 13 Bogor, yang berlokasi di Kelurahan Ranggamekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, menggelar Gebyar Pendidikan tahun 2022.

Gebyar pendidikan ini guna meng edukasi peran serta Orang Tua dalam pengawasan anak di era digital.

Kegiatan ini juga melibatkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor, Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Wening Asih Kota Bogor, praktisi hukum, serta seluruh wali murid.

Kepala Sekolah SMPN 13 Kota Bogor, Dani Muhammad Kusnadi mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini sebagai salah satu upaya dari sekolah untuk mengantisipasi hal-hal negatif bagi para siswa.

"Ini salah satu upaya dari kami menyikapi bukan tawuran saja, terus kita liat juga begitu canggihnya HP digital untuk anak-anak, kami mengundang orang tua supaya tidak hanya sekolah saja yang konsen mengawasi, orang tua juga diberi edukasi, karena tawuran kebanyakan terjadi diluar jam sekolah," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (6/10/2022).

Baca juga: Antisipasi Tawuran Gengster, Polres Bogor Bubarkan Kerumunan Pemuda yang Masih Nongkrong Dini Hari

Dengan terselenggaranya acara ini, Dani Muhammad Kusnadi berharap akan membawa dampak positif bagi para siswa serta orang tua dalam menyikapi perkembangan tekhnologi.

"Insya Allah anak-anak kita lebih baik lagi kedepannya, kemudian kerjasama orang tua dengan sekolah lebih erat lagi dalam menanggulangi setiap persoalan yang ada disekolah berkaitan dengan anak didik," harapnya.

Disamping itu, Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak pada DP3A Kota Bogor, Wiwin Sukarsih mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh SMPN 13 ini.

Dirinya pun merekomendasikan sekolah-sekolah lainnya yang ada di Kota Bogor Khususnya untuk melakukan kegiatan serupa, Wiwin Sukarsih melanjutkan, ditengah maraknya kasus kekerasan terhadap anak di Kota Bogor, kegiantan seperti ini sangat membantu menekan angka kekerasan anak. 

Hal tersebut dikarenakan kegiatan yang diselenggarakan ini beriringan dengan program DP3A Kota Bogor.

"Acara ini sangat-sangat baik sekali, sangat direkomendasikan untuk sekolah-sekolah lainnya, supaya orang tua juga mengerti, bukan berarti di sekolah itu tanggung jawab guru saja, semua harus terlibat dalam pengawasan, kami juga ada parenting road show ke sekolah-sekolah, tapi terjadwal," ucapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Puspaga Wening Asih Kota Bogor, Rina Arsanti Palupi,  memberikan aplaus dengan diselenggarakannya Gebyar Pendidikan di SMPN 13 Kota Bogor ini.

Dirinya mengatakan, tak bisa dipungkiri lagi, saat ini tekhnologi semakin pesat berkembang, dengan begitu para orang tua harus berperan aktif dalam melakukan pengawasan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved