Beda dengan Bima Arya, Gibran Rakabuming Ogah Pakai Mobil Listrik Meski Diminta Jokowi: Tidak Urgent

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menolak penggunaan mobil listrik di lingkungannya, padahal hal itu merupakan istruksi Presiden Jokowi.

Penulis: Vivi Febrianti | Editor: Damanhuri
KOlase Ist
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menolak penggunaan mobil listrik di lingkungannya, padahal hal itu merupakan istruksi Presiden Jokowi. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menolak penggunaan mobil listrik di lingkungannya.

Ia menyebutkan, penggunaan mobil listri itu tidak terlalu penting dilakukan di Solo.

Padahal penggunaan mobil listrik ini merupakan inisiasi dari sang ayah, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Siap disanksi, Gibran Rakabuming Raka pun memutuskan untuk menghapus rencana anggaran pengadaan anggaran mobil listrik yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022.

Lain dengan Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Bogor Bima Arya justru sudah siap mengganti kendaraan dinasnya dengan mobil listrik di tahun 2023.

Bahkan di tahun ini Pemkot Bogor akan mulai membangun charger di dua tempat.

Merasa belum membutuhkan mobil listrik, Gibran Rakabuming Raka justru menghapus rencana anggaran pengadaan mobil listrik tersebut.

“Yang kita hapus, anggaran kendaraan wali kota dan wakil wali kota. Hrusnya tahun depan tapi kita hapus,” kata Gibran Rakabuming Raka dilansir dari Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Gibran Rakabuming Raka pun menjelaskan, pemangkasan ini ia lakukan karena melihat kondisi prioritas anggaran untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Baca juga: Respon Kocak Gibran Rakabuming Soal Foto Prawedding Adiknya, Kaesang : Ada Masalah Apa Mas Sama Aku?

Menurut dia, anggaran masih diprioritaskan untuk pembangunang ketimbang membeli mobil listrik.

Dirinya pun mengaku bahwa itu merupakan instruksi langsung dari Presiden Jokowi.

Namun ia bersikeras bahwa untuk saat ini anggaran pembangunan pasar, kelurahan, atau taman cerdas, lebih penting dibandingkan dengan pengadaan mobil dinas listrik.

“Timbange tuku mobil (daripada beli mobil), nggo bangun pasar wae dan lain-lain (lebih baik membangun pasar saja dan lain-lain),” katanya.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming saat berpidato di Jalan Rivoli, Paris, Perancis dalam program bertajuk 'Java in Paris' yang digelar pada hari ini, Kamis (9/6/2022).
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menolak penggunaan mobil listrik di lingkungannya, padahal hal itu merupakan istruksi Presiden Jokowi. (Tangkap layar dari YouTube Batiksolotv Pemerintah Kota Surakarta)

Apalagi, kata dia, harga mobil listrik juga tidaklah murah.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved