Teror Bom di Bandung

Pengamat Sebut Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar Berpotensi Aksi Susulan: Dari Keluarga Pelaku

Kelompok teroris tersebut kata Al Chaidar, masih berkaitan atau berafiliasi dengan ISIS. Ia menjelaskan kelompok teroris yang berafiliasi dengan ISIS

Istimewa
kondisi Polsek Astanaanyar setelah ledakan bom bunuh diri 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pelaku bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi dengan ISIS.

Bahkan, teror bom bunuh diri yang terjadi pagi tadi dikaitkan dengan bom yang terjadi di Pakistan dan Thailand.

Hal tersebut disampaikan oleh Pengamat Terorisme, Al Chaidar.

Kelompok teroris tersebut kata Al Chaidar, masih berkaitan atau berafiliasi dengan ISIS.

Ia menjelaskan kelompok teroris yang berafiliasi dengan ISIS di Indonesia adalah Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Kelompok JAD ini biasanya melakukan serangan dan ditujukan kepada polisi. Seringkali juga mereka selain bawa bom, juga bawa senjata tajam, pisau dapur dan sebagainya," kata Al Chaidar, dalam tayangan Kompas TV, Rabu.

Baca juga: Ada Ledakan di Bandung, Polres Bogor Tingkatkan Pengamanan di Polsek - Polsek

Berdasarkan pengamatannya, kelompok JAD kerap melibatkan keluarga dalam setiap aksinya. Sehingga jika pelaku bom bunuh diri yang meninggal dunia di Polsek Astanaanyar adalah laki-laki, maka bila dia telah berkeluarga, tak menutup kemungkinan akan ada kejadian susulan oleh pelaku wanita.

"Pelakunya biasanya memang kalau tidak keluarga, suami istri, wanita, laki-laki. Dan biasanya kalau pelakunya laki-laki, biasanya diikuti oleh pelaku yang wanita kalau dia sudah berkeluarga," terangnya.

Sehingga Al Chaidar meminta adanya kewaspadaan dari pihak berwajib soal potensi aksi terorisme susulan yang berangkat dari kejadian bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Bandung.

"Harus ada kewaspadaan, kemungkinan ini dilakukan juga nanti berikutnya oleh perempuan kalau dia sudah punya istri. Makanya kalau identitas sudah diketahui apakah punya istri, anak biasanya itu dilakukan secara berurutan," ungkap dia.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pelaku Bom di Polsek Astanaanyar Diduga Afiliasi JAD, Pengamat Terorisme: Waspada Aksi Susulan

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved