4.545 Peserta Hadiri Rakornas Kepala Daaerah di SICC Bogor, Ini yang Dibahas

Rakornas ini dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan juga sejumlah jajaran Menteri di Kabinet Indonesia Maju baik secara langsung maupun da

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 di SICC, Kabupaten Bogor, Selasa (17/1/2023). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BABAKAN MADANG - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pimpinan Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tahun 2023 di Sentul International Convention Center, Selasa (17/1/2023).

Rakornas ini dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan juga sejumlah jajaran Menteri di Kabinet Indonesia Maju baik secara langsung maupun daring.

Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pimpinan daerah yang terdiri dari gubernur, bupati dan walikota, pimpinan TNI, pimpinan Polri, Kepala Kejaksaan Tinggi, DPRD kabupaten kota ataupun provinsi, dan lainnya.

Sedangkan untuk tingkat pusat diikuti oleh pimpinan kementerian lembaga, pejabat eselon I hingga III, kepala pos lintas batas negara dan lainnya.

"Jumlah perserta Rakornas pada hari ini lebih kurang 4.545 orang, baik dari pusat maupun dari pemerintah derah," ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kapolri tersebut, Selasa (17/1/2023).

Tito Karnavian menjelaskan, terdapat empat panel pembahasan tema Rakornas ini, yang petama ialah pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi akan diisi oleh Menteri Koordinator Perkonomian, kepala BPS, gubernur Bank Indonesia, Menteri keuangan, Menteri Perdagangan, dan Kepala Badan Pangan Nasional.

Selanjutnya panel 2 tentang penguatan investasi hilirisasi dan perizinan berusaha, pembicara utama dari Menko Marives yang saat ini sedang berada di Swiss yang akan mengikuti secara online, Menteri Inventasi secara online, MenpanRB, Menhub, Menteri PUPR, Menteri Agraria dan Tata Ruang BPN.

Kemudian panel 3 membahas terkait penanganan covid 19, stunting, kemiskinan dan jaring pengaman sosial, pembicara utama Menko PMK, Menkes, Mensos, Menteri Tenaga Kerja dan Bupati Sumedang.

Terakhir adalah panel 4 mengenai stabilitas politik hukum keamanan dan pengawasan,  pembicara utama Menkopolhukam kemudian Kepala BIN, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala BPKP dan Panglima TNI.

"Diharapkan keempat panel dapat memberikan masukan dan arahan tentang langkah-langkah  aplikatif yang harus dikerjakan oleh daerah," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved