Breaking News:

Ziarah Masjid di Bogor

Vihara Ini Miliki Tempat Ibadah untuk Orang Muslim, Ada Makam Imam Penyebar Agama Islam

Di dalam kelenteng tertua di Kota Bogor ini terdapat berbagai petilasan hingga makam imam penyebar keislaman di tanah sunda.

TribunnewsBogor.com/Vivi Febrianti
Kegiatan Maulud Nabi Muhammad SAW yang digelar di Vihara Mahabrahma, Pulo Geulis, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudhi Maulana

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Tak berlebihan rasanya bila vihara ini disebut sebagai simbol toleransi antar umat beragama.

Ya, Meski identik dengan tempat ibadah warga Tiongkok, ternyata vihara bernama Vihara Mahabrahma ini juga memiliki tempat ibadah untuk umat muslim.

vihara yang biasa disebut Kelenteng Pan Kho Bio ini memiliki mushola di dalamnya.

Terletak di Jalan Roda, Kampung Pulo Geulis, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Keberadaan mushalla di tempat peribadatan warga Tionghoa ini bukan tanpa sebab.

Sudah sejak lama, warga di Kampung Pulo Geulis ini menanamkan toleransi yang tinggi.

Di dalam kelenteng tertua di Kota Bogor ini terdapat berbagai petilasan hingga makam imam penyebar keislaman di tanah sunda.

"Makanya di dalam kelenteng ini disediakan mushalla bagi warga Muslim. Di sini juga sering diadakan kegiatan umat islam, seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW," kata pengurus Kelenteng Pan Kho Bio, Chandra, kepada TribunnewsBogor.com.

lanjutnya, mushola ini berada persis di bagian belakang bangunan, dekat dengan altar dewa dan meja persembahan untuk ritual agama Buddha, dan Konghucu.

"Ukurannya memang tidak besar, tapi cukup untuk shalat, bahkan sering digunakan untuk shalawatan oleh warga setiap malam Jumat," katanya.

Halaman
12
Penulis: Yudhi Maulana Aditama
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved