Gempa di Donggala

Sudirman Said Bandingkan Penanganan Gempa Era SBY dan Jokowi, Fadli Zon: Pemerintah Tahap Ini Lemah

Gempa dan tsunami yang menerjang Palu ini tak dinyatakan sebagai bencana nasional, padahal sudah lebih dari 800 tewas.

Sudirman Said Bandingkan Penanganan Gempa Era SBY dan Jokowi, Fadli Zon: Pemerintah Tahap Ini Lemah
kolase Twitter/Istimewa
Sudirman Said, Jokowi dan Fadli Zon 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Fadli Zon menanggapi cuitan Twitter Sudirman Said yang mengkritisi secara halus terkait penanganan gempa dan tsunami di Palu.

Musibah gempa skala 7,4 magnitudo ini juga menimbulkan tsunami yang meluluhlantakkan kota Palu, Sulawesi Tengah sejak hari Jumat (28/9/2018).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bencana tsunami dan gempa bumi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah tidak perlu ditetapkan bencana nasional.

Meskipun bukan bencana nasional, penanganan paska bencana di Palu dan Donggala sudah melebihi dari bencana nasional.

"Nggak perlu saya kira (sebagai bencana nasional). Penanganannya sudah lebih dari bencana nasional," tutur Luhut Binsar saat ditemui di Kemenkomaritim, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).

Padahal, korban tewas akibat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, hingga Senin (1/10/2018) terus bertambah menjadi 844 Orang.

Angka tersebut berdasarkan data yang dihimpun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Senin (1/10/2018) pukul 13.00 WIB.

Luhut juga mengatakan pemerintah akan menerima bantuan dari dunia internasional, namun akan dilakukan penyaringan terlebih dulu.

"Presiden sudah mengatakan sektor terpilih kita akan menerima bantuan internasional," papar Luhut.

Presiden Jokowi sebagai pemimpin sekaligus orang nomor satu Indonesia pun diketahui sudah meninjau lokasi musibah di  Kota Palu pada Minggu (30/9/2018).

Halaman
1234
Penulis: Uyun
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved