Pemilu 2019

KPU Pastikan Pemilu 2019 di Malaysia Tetap Berjalan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pemilihan umum (pemilu) 2019 di Malaysia tetap berjalan.

KPU Pastikan Pemilu 2019 di Malaysia Tetap Berjalan
Net/Tribunnews.com
Ilustrasi Pemilu 2019 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pemilihan umum (pemilu) 2019 di Malaysia tetap berjalan. Hal itu telah disepakati dengan Bawaslu usai rapat bersama Kamis malam kemarin.

Komisioner KPU, Viryan Aziz mengatakan, pemilu di Malaysia tetap berjalan sesuai jadwal.

"Ya (tetap berjalan) KPU dan Bawaslu semalam sudah rapat keputusannya adalah kita melakukan klarifikasi bersama terkait penyelenggaraan pemilu tetap berjalan di tempat lain di Malaysia," ujar Viryan usai menghadiri diskusi di hotel kawasan FX Sudirman, Jakarta, Sabtu (12/4/2019).

Ia menerangkan, ada sekitar 500 ribu pemilih di Kuala Lumpur dan menggunakan mekanisme TPS di 255 TPSLN.

KPU dan KPK Bongkar Harta Kekayaaan yang Dimiliki Capres-Cawapres 2019, Sandiaga Uno Paling Kaya

Prabowo Kenalkan Gatot Nurmantyo - Rocky Gerung Sebagai Calon Menteri : Sayang Ahmad Dhani Dipenjara

Lebih lanjut, jika memang ada pelanggaran pemilu, maka pemungutan suara di tempat kejadian perkara, akan dipindahkan ke tempat lain.

"Kalau pun ada pelanggaran pemilu hanya untuk konteks tersebut (jika terbukti pelanggaran) tidak bisa semuanya (dihentikan)," jelas dia.

Viryan menambahkan, kini pihaknya masih dalam proses melakukan klarifikasi apakah apakah surat suara yang tercoblos itu asli dari KPU RI.

Tim dari KPU telah bertolak menuju Malaysia, pada Jumat pagi, guna memastikan dugaan tersebut.

"Sepenuhnya kami menunggu hasil kerja dari teman-teman yang ke Selangor Malaysia. Mulai dari keberadaan surat suaranya, kronologis bisa sampai ada di sana, kemudian bagaimana kondisi surat suara yang ada di KBRI. Kemudian kita juga akan mempelajari masukan dari saksi-saksi terkait dengan hal tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya, Bawaslu RI sempat meminta agar KPU menghentikan proses pemilu di Malaysia yang akan berlangsung pada 14 April mendatang.

Temuan surat suara tercoblos diterima oleh Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yazza Azzahra Ulyana.

Dalam laporannya, ada dua lokasi temuan, yakni Taman Universiti Sungai Tangkas Bangi 43000 Kajang dan kawasan Bandar Baru Bangi, Selangor.

Di lokasi ini ditemukan sejumlah surat suara pilpres tercoblos untuk paslon nomor urut 01 dan surat suara pileg tercoblos untuk caleg NasDem DPR.

(Tribunnews.com, Rina Ayu)

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved