Lebaran 2019

Kemenhub Sebut Tren Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2019 Turun hingga 50% Dibanding Tahun 2018

Selain itu, Sigit juga melihat masyarakat banyak memanfaatkan program mudik gratis yang ditawarkan pemerintah dan pihak swasta.

Kemenhub Sebut Tren Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2019 Turun hingga 50% Dibanding Tahun 2018
Kompas.com
Foto udara kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Gerbang Tol Cikampek Utama di malam hari di Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-4 siang hari terpantau padat merayap.(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019, Sigit Irfansyah mengungkapkan, tren Kecelakaan lalu lintas pada arus mudik Lebaran 2019 turun drastis dibanding Lebaran 2018.

"(Tren) Kecelakaan, laporan tadi dibanding tahun lalu turun drastis ya hampir 50 persen, baik kejadian maupun korban Kecelakaannya," kata Sigit, saat ditemui di Kementerian Perhubungan ( Kemenhub), Jakarta, Senin (3/6/2019).

Dari data yang dihimpun Kemenhub pada H-3 Lebaran, jumlah Kecelakaan lalu lintas sebanyak 64 peristiwa.

Adapun korban meninggal dunia 16 orang, korban luka ringan 82 orang dan korban luka berat 15 orang.

"Jadi kalau dibandingkan tahun lalu turunnya luar biasa signifikan. Tahun lalu kan, H-3 Lebaran, 138 kejadian, korban meninggal 29, luka berat 33, luka ringan 173," paparnya.

Jika dibandingkan dengan data H-4 Lebaran 2019 dan 2018, trennya juga menurun. Jumlah peristiwa Kecelakaan lalu lintas H-4 Lebaran 2019 sebanyak 67 peristiwa.

Sementara, di tahun 2018 sebanyak 152 peristiwa. Ada penurunan sekitar 56 persen.

Tren Mudik Menggunakan Pesawat Menurun Tahun Ini

Sigit menilai, penurunan jumlah peristiwa Kecelakaan pada mudik Lebaran 2019 disebabkan meningkatnya kesadaran masyarakat menyangkut aspek keselamatan.

"Tentunya ini kan mudik bukan hal pertama ya buat masyarakat, sudah berkali-kali, dan kita juga meningkatkan sosialisasi, baik dari Korlantas, Perhubungan dan lain-lain. Jadi, masyarakat siap untuk mudik," ujar dia.

Selain itu, Sigit juga melihat masyarakat banyak memanfaatkan program mudik gratis yang ditawarkan pemerintah dan pihak swasta.

Hal ini khususnya berpengaruh besar mengalihkan pemudik yang menggunakan sepeda motor ke transportasi umum.

"Sekarang banyak yang paket mudik sekalian bawa sepeda motor dan orangnya diangkut, dan itu jumlah mudik gratis kalau dari Perhubungan Darat sendiri sekitar 1.500 bus, belum yang pihak swasta, luar biasa sekali. Mudik gratis ini kami pusatkan di banyak tempat. Jadi, ini yang juga memicu penurunan terjadinya Kecelakaan," ujar dia.

Jarang Diketahui, Ini Tips Agar Ketupat Lebaran Tak Cepat Basi

Sebelum Berakibat Fatal, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Bersihkan Penyumbatan Pembuluh Darah

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenhub: Tren Kecelakaan Mudik Lebaran 2019 Turun 50 Persen Dibanding 2018",
Penulis : Dylan Aprialdo Rachman
Editor : Robertus Belarminus

Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved