TRIBUNWIKI - Profil Kampus Institut Pertanian Bogor, Sejarah hingga Daftar Program Studi di IPB

Kemudian pada 1 September 1963, UI di Bogor resmi memisahkan diri dan menjadi Institut Pertanian Bogor (IPB).

TRIBUNWIKI - Profil Kampus Institut Pertanian Bogor, Sejarah hingga Daftar Program Studi di IPB
TribunnewsBogor.com/Yudhi Maulana
Kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - IPB atau yang biasa dikenal dengan Institut Pertanian Bogor diresmikan Presiden Soekarno pada 1 September 1963.

Institusi pendidikan ini sudah ada sejak zaman Hindia Belanda dan menjadi tempat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan mengenai flora-fauna.

Satu di antaranya yakni Kebun Raya Bogor atau Lands Plantentuin te Buitenzorg yang diresmikan oleh Gubernur Hindia Belanda G.A.G. Gerard Philip Baron van der Capellen pada 18 Mei 1817.

Tak hanya Kebun Raya Bogor, terdapat juga Lembaga Penelitian Pertanian(Algemene Proefstation voor de Landbouw) dan Lembaga Penelitian Kedokteran Hewan (Veeartsenijkundige Instituut).

Dalam rencana pembangunan, lembaga penelitian ini memiliki banyak kendala, satu di antaranya kelompok ilmuwan yang tidak menyetujui pembangunan tersebut.

Dalam buku 'Sejarah Pembentukan Lembaga Pendidikan Tinggi Pertanian' (2001) suntingan Syafrida Manuwoto disebutkan, para peneliti sudah memiliki beban kerja yang tinggi mengenai riset yang diberikan pemerintah, jika harus menjadi pengajar, hal tersebut akan sulit ditangani.

Mendirikan sebuah universitas pada saat itu juga sangat rumit.

Kalahkah UI, IPB Raih Peringkat ke-3 Universitas Negeri dan Swasta Terbaik menurut Kemenristekdikti

Keputusan Ratu Belanda tanggal 6 Juni 1905 menyatakan bahwa sebuah institusi pendidikan dapat dikatakan universitas apabila memiliki lima fakultas di dalamnya.

Akhirnya Dr. Abdul Rivai dan teman-temannya yang merupakan dokter bumiputra lulusan Eropa mengusahakan agar Hindia Belanda atau Indonesia segera memiliki universitas.

Prof. Dr. R.A. Hoesein Djajadiningrat, orang Indonesia pertama peraih gelar guru besar serta anggota Dewan Hindia pada 1935 dan 1941 juga mengusahakan agar perguruan tinggi dapat didirikan di Indonesia.

Halaman
1234
Editor: khairunnisa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved