Breaking News:

Hati-hati Penipuan Bermodus CPNS, Korban di Trenggalek Rugi Sampai Rp 120 Juta

Pelaku penipuan dengan modus penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) ditangkap polisi di Trenggalek

SLAMET WIDODO - Kompas.com
Pelaku (tengah kaos biru) penipuan berkedok penerimaan pegawai negri sipil, saat rilis di mapolres Trenggalek Jawa Timur (05/09/2019). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pelaku penipuan dengan modus penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) ditangkap polisi di Trenggalek, Jawa Timur, Kamis (5/9/2019).

Pelaku tersebut diketahui bernama Tardjono Kusumo (58), warga desa Bolorejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Tardjono sehari-hari berprofesi sebagai humas salah satu perusahaan.

Sedangkan, korban berinisial SR merupakan warga Desa Ngadirenggo, Kecamatan Pogalan, Trenggalek.

Spesikasi dan Bocoran Harga Dua Model Mobil Esemka, Akan Resmi Diluncurkan Hari Ini

“Guna melancarkan aksinya, pelaku mengaku utusan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKN) kepada korban,” ujar Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S

Awalnya, pada 12 Oktober 2016 silam, pelaku meminta korban mengirim uang sebesar Rp 50 juta.

Uang itu untuk mendapatkan kode pribadi bahwa anak korban berinisial HS, masuk dalam daftar penerimaan calon PNS pada 2016.

Selang beberapa bulan kemudian, pelaku kembali minta uang kepada korban secara terus menerus dan berkala.

Pelaku (tengah kaos biru) penipuan berkedok penerimaan pegawai negri sipil, saat rilis di mapolres Trenggalek Jawa Timur (05/09/2019).
Pelaku (tengah kaos biru) penipuan berkedok penerimaan pegawai negri sipil, saat rilis di mapolres Trenggalek Jawa Timur (05/09/2019). (SLAMET WIDODO - Kompas.com)

Terakhir, pada Juli 2017, korban mengirim uang sebesar Rp 10 juta, sehingga total uang milik korban yang sudah diminta pelaku mencapai Rp 120 juta.

“Alasan pelaku, uang tersebut untuk pelunasan dalam rangka mendapatkan PIN dan SKEP anak korban, yang menurut keterangan pelaku akan dibantu dimasukkan sebagai PNS di Dinas Perhubungan Trenggalek,” kata Didit Bambang.

Halaman
12
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved