Ini Pandangan Guru Besar hingga Mahasiswa IPB Soal Isu Pelemahan KPK

Forum Dosen dan Mahasiswa IPB serta Panitia Ad Hock anti korupsi 11 PTNBH angkat bicara soal isu pelemahan KPK, Sabtu (14/9/2019).

Ini Pandangan Guru Besar hingga Mahasiswa IPB Soal Isu Pelemahan KPK
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Forum Dosen & Mahasiswa IPB dan Panitia Ad Hock anti korupsi 11 PTNBH angkat bicara soal isu pelemahan KPK di Sekretariat PSA IPb Jalan pajajaran Kota Bogor, Sabtu (14/9/2019). 

Laporan WartawanbTribunnewsBogor.com, Lingga ArviannNugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Forum Dosen dan Mahasiswa IPB serta Panitia Ad Hock anti korupsi 11 PTNBH angkat bicara soal isu pelemahan KPK, Sabtu (14/9/2019).

Mereka mendukung pemberantasan korupsi dan menolak segala upaya pelemahan independensi KPK.

Isu pelemahan KPK muncul setelah adanya pengajuan revisi UU KPK oleh DPR RI.

Rencana itu pun menjadi pembicaraan banyak pihak.

Untuk itu Forum Dosen & Mahasiswa IPB dan Panitia Ad Hock anti korupsi 11 PTNBH memberikan pemaparan dan pandangannya soal adanya isu pelemahan KPK.

Guru besar kebijakan kehutanan IPB & ketua Panitia Ad Hock anti korupsi 11 PTNBH, Hariadi Kartodihardjo mengatakan, tidak ada lembaga 'membunuh' lembaga kecuali ada sumber daya yang diperebutkan.

Guru Besar Kehutanan IPB Pertanyakan Substansi Pembahasan Rencana Revisi UU KPK

Pria yang juga merupakan dosen IPB Fakultas Kehutanan itu pun menyebut bahwa ada kegelisahan di kalangan akademisi jika kemampuan KPK benar-benar dilemahkan.

Karena menurutnya seharusnya peran KPK lebih dikuatkan untuk bisa terus menjaga sumber daya alam.

"KPK punya peran sangat sentral karena ketika tidak ada integritas dan independensi hampir pasti itu tidak dilakukan, kita harus tau memperbaiki kebijakan pencegahan tanpa tekanan bahkan tanpa OTT (operasi tangkap tangan) itu hampir tidak bisa, jadi tidak bisa harus diserahkan hanya lembaga pemerintah tanpa ada KPK, oleh karena itu ketika kita mendengar bahwa KPK ini dilemahkan dan seterusnya baik dari IPB dan ribuan dosen menyatakan keprihatinan yang sama," ujarnya.

Guru besar kebijakan kehutanan IPB University Prof Hariadi Kartodihardjo saat diwawancara, Sabtu (14/9/2019).
Guru besar kebijakan kehutanan IPB University Prof Hariadi Kartodihardjo saat diwawancara, Sabtu (14/9/2019). (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)
Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved