Baru Tahu Punya 10 Nenek Moyang dari Berbagai Negara, Najwa Shihab: Rasanya Itu . . .

Dari hasil penelitian, Najwa Shihab memiliki sepuluh fragmen DNA dari nenek moyang berbagai negara

Baru Tahu Punya 10 Nenek Moyang dari Berbagai Negara, Najwa Shihab: Rasanya Itu . . .
kolase Instagram @najwashihab
Najwa Shihab 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Jurnalis Najwa Shihab merupakan salah satu dari 16 relawan yang diteliti DNA-nya dalam sebuah kegiatan terkait asal usul orang Indonesia yang diinisiasi oleh majalah sejarah daring Historia.

Dari hasil penelitian, Najwa Shihab memiliki sepuluh fragmen DNA dari nenek moyang yang berasal dari Afrika Utara, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa Selatan, Afrika, Eropa Utara, diaspora Asia, diaspora Afrika, dan diaspora Eropa.

Komposisinya sebesar 48,54 persen South Asian, North African 26,81 persen, African 6,06 persen, East Asian 4,19 persen, African Dispersed 4,15 persen, Middle Eastern 3,48 persen, Southern European 2,20 persen, Northern European 1,91 persen, dan Asian Dispersed 1,43 persen.

Ditegur KPK dan Bisa Terancam Pidana Korupsi Gara-gara Kacamata, Mulan Jameela Janjikan Ini

Jabat Wapres 2 Kali, Enak Dampingi Jokowi atau SBY? Jusuf Kalla Blak-blakan di Depan Najwa Shihab

Ariel Noah Ternyata Punya 4 DNA dari Nenek Moyangnya, Ada Gen Jepang hingga Yunani

Terkait banyaknya fragmen DNA yang ada di dalam dirinya, Najwa Shihab merasa itu sebagai sebuah anugerah dan sudah selayaknya ia merayakan keberagaman itu.

"Bagaimana kita harus merayakan keberagaman, dan ketika saya tahu bahwa ada sepuluh nenek moyang di dalam darah rasanya itu betul-betul, ya, jadi merayakan sama-sama keberagaman yang ada di diri kita, lewat jalur apa pun, lewat cara apapun," ujar Najwa Shihab kepada Kompas.com, Kamis (17/10/2019).

FOLLOW:

Mengetahui banyaknya fragmen DNA pada setiap orang membuat Najwa Shihab semakin yakin bahwa Indonesia adalah bangsa yang begitu kosmopolitan.

Beragam etnis, suku, dan budaya hidup berdampingan selama berabad-abad lamanya.

"Ya ini memang memperkuat tesis tentang bagaimana kayanya Indonesia dan memperkuat tesis kepercayaan saya bahwa sesungguhnya kita Indonesia itu bukan keturunan siapa, bukan kita orang mana, bukan warna kulit kita, atau siapa nenek moyang kita," ucap Najwa Shihab.

Kini Digaji Rp 5,9 Juta, Bupati Banjarnegara Dulu Pernah Jual Ekstasi, Bertaubat gara-gara Mati Suri

Live Streaming TV Online Bali United vs Borneo FC, Gianluca Claudio Dipercaya Menjaga Mistar Gawang

Najwa Shihab mengatakan, Indonesia lahir dan tumbuh dari semangat perbedaan tersebut untuk bersama membangun sebuah bangsa yang mapan.

Halaman
12
Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved