Tahun Baru 2020

Tiga Posko Bencana Disiagakan untuk Antisipasi Longsor di Puncak Bogor Saat Malam Tahun Baru

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menjelaskan bahwa posko bencana ini disebar di beberapa titik dipimpin oleh Satgas Bencana dari Brimob.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Posko bencana dikawasan Puncak, Kabupaten Bogor saat malam tahun baru 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, MEGAMENDUNG - Tiga posko bencana disiagakan di kawasan Puncak sebagai antisipasi bencana saat malam pergantian tahun.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menjelaskan bahwa posko bencana ini disebar di beberapa titik dipimpin oleh Satgas Bencana dari Brimob.

Hal ini dilakukan karena kawasan Puncak Bogor diguyur hujan deras sejak Selasa (31/12/2019) sore dan diprediksi BMKG masih akan mengguyur hingga malam nanti.

"Posko bencana di tiga titik. Daerah Gadog Gunung Mas kemudian Puncak itu sudah kita siapkan. Satgas bencana dari Brimob sudah siap semua dengan segala peralatan, personel disiagakan, yang dipimpin dan dikendalikan oleh Brimob," kata Irjen Pol Istiono kepada wartawan, Selasa (31/12/2019).

Alat berat, kata Istiono juga turut disiapkan sebagai antisipasi bencana longsor di kawasan Puncak.

"Antisipasi hujan ini, personel kita sudah siaga tergelar semunya, baik personel, peralatan dengan sarana prasarananya, dengan kelengkapannya. Hari ini pun saya siap dengan jas hujan. Semua personel kita juga sudah dilengkapi jas hujan termasuk unit kesehatan juga siap di atas (Puncak) sana. Termasuk satgas-satgas yang lain, Brimob juga sudah tergelar. Semua alat berat sudah kita siapkan," kata Istiono.

Diberitakan sebelumnya, Jalan Raya Puncak resmi ditutup dalam penerapan car free night yang dipimpin oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, Selasa (31/12/2019) petang.

"Mulai pukul 18.00 kita sudah tutup Jalur menuju Puncak tandanya kita sudah berlakukan car free night pukul 18.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB sepanjang 22 km," kata Irjen Pol Istiono kepada wartawan.

Istiono menghimbau kepada masyarakat dan wisatawan yang sudah berada di Puncak untuk waspada dan hati-hati.

Karena hujan deras sudah mengguyur kawasan Puncak Bogor sejak sore.

Selain itu, kabut di kawasan Puncak, kata dia, juga sudah mulai turun.

"Bahkan ramalan BMKG hari ini pun di atas (Puncak) diprediksi akan hujan terus menerus. Kemudian kabut pada malam hari ini sudah mulai turun. Oleh karena itu bagi masyarakat yang mau merayakan malam tahun baru di Puncak agar hati-hati, bijak dalam menikmati, merayakan tahun baru di Puncak," kata Istiono.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved