Info Kesehatan

Makan Kangkung Bisa Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta ?

Oleh karena itu, agar terhindar dari kerugian mengantuk akibat senyawa sedatif yang terkandung di dalam kangkung

Makan Kangkung Bisa Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta ?
TribunnewsBogor.com/Vivi Febrianti
ILUSTRASI - Cah Kangkung tersedia di Resto Bandar Rasa Jakarta yang berada di Jalan Pahlawan, Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Selama ini banyak orang menganggap makan makanan olahan dari kangkung dapat menyebabkan kantuk.

Benarkah pandangan tersebut?

Melansir Buku Kontroversi 1010 Mitos Kesehatan (2012) karya dr. Florentina R. Wahjuni, pendapat makan kangkung bisa membuat kantuk bisa jadi adalah benar.

Seseorang menjadi mengantuk setelah mengonsumsi kankung kemungkinan karena di dalam kangkung terdapat senyawa kimia sedatif atau zat yang bersifat menenangkan.

Senyawa ini dikenal bisa membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang dan relaks sehingga menyebabkan orang-orang yang makan tumis kangkung, cah kangkung, maupun lapapan kangkung menjadi lebih mudah mengantuk.

Oleh karena itu, agar terhindar dari kerugian mengantuk akibat senyawa sedatif yang terkandung di dalam kangkung , hindari memakannya, terutama saat sedang melakukan aktivitas padat dan butuh konsentrasi tinggi.

Tidak berlaku pada semua orang

Namun, hal ini belum tentu berlaku untuk semua orang karena setiap orang membutuhkan kadar sedatif yang berbeda-beda untuk membuat mereka menjadi mengantuk.

Jadi ada kemungkinan juga seseorang tetap segar dan tidak mengantuk meski sudah makan sayuran yang memiliki nama ilmiah Ipomoea aquatic atau nama lain seperti water spinach, water morning glory, atau water convolvulus tersebut.

Meski kangkung ini terkenal dapat membuat seseorang mengantuk, tetapi belum ditemukan adanya penelitian ilmiah yang bisa menjelaskan dengan pasti apakah memang kankung benar-benar dapat menyebabkan seseorang menjadi mengantuk.

Halaman
12
Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved