Breaking News:

Teror Virus Corona

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah, Berbahan Daun Sirih dan Jeruk Nipis Saja

Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR, Dr Retno Sari menjelaskan cara pembuatan hand sanitizer sendiri di rumah dengan bahan daun sirih.

Tangkap Layar Youtube Universitas Airlangga
Cara membuat hand sanitizer dari daun sirih 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Tak bisa dipungkiri, penyebaran virus corona datau Covid-19 di Indonesia sudah membuat sebagian masyarakat panik.

Masyarakat pun berburu masker dan hand sanitizer hingga menjadi langka di pasaran.

Ya, hand sanitizer memang jadi barang yang wajib dimiliki oleh masyarakat saat ini.

Sebab, kegunaannya bisa membunuh bakteri bahkan virus corona yang menempel di tangan.

Untuk itu, masyarakat dianjurkan untuk selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, juga menggunakan hand sanitizer berbahan alkohol.

Karena stoknya yang mulai langka di pasaran, hand sanitizer pun bisa dibuat sendiri di rumah menggunakan bahan sederhana, yakni daun sirih dan jeruk nipis.

Dilansir dari laman Youtube Universitas Airlangga Kamis (19/3/2020), dengan judul 'Susah Mencari Bahan Hand Sanitizer? Coba Buat dengan Daun Sirih', Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR, Dr Retno Sari menjelaskan cara pembuatannya.

"Sebenarnya pembuatan hand sanitizer banyak digunakan di mana bahan aktifnya adalah etanol dengan kadar 70 persen itu mudah pembutannya, hanya masyarakat umum untuk mendapatkan bahan bakunya mungkin tidak mudah ya, karena ada persyaratan khusus," jelas Retno Sari.

Karena tak mudah bagi masyarakat awam menemukan etanol, maka Retno Sari pun mencoba dengan menggunakan bahan yang ada di pekarangan rumah, yakni daun sirih.

"Sebenarnya ini hasil penelitian kami sudah sejak 2006, pada saat itu sedang flu burung. Nah kita membuat alternatif hand sanitizer dari alam dengan bahan daun sirih," jelasnya.

 Cara Pencegahan Virus Corona bagi Ibu Hamil: Bisakah Janin dalam Kandungan Terinfeksi Covid-19?

 Ini Resep Ramuan Herbal untuk Tingkatkan Imun di Tengah Virus Corona Menurut Ahli

Halaman
1234
Penulis: Vivi Febrianti
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved