Warga Jakarta Diimbau untuk Tidak Mudik ke Kampung Halaman

Nana Sudjana mengatakan, kegiatan mudik nantinya dikhawatirkan dapat memperluas penyebaran wabah virus corona ke daerah.

WARTA KOTA/WARTA KOTA/Nur Icshan
JUMLAH PENUMPANG ANJLOK - Masa pandemi Covid-19, penumpang bus di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, terminal antar kota antar provinsi yang akan mudik ke kampung halaman terlihat sepi, Kamis (26/3/2020). WARTA KOTA/Nur Icshan 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Pol Nana Sudjana mengimbau masyarakat DKI Jakarta untuk tidak melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman pada Hari Raya Idul Fitri 2020.

Nana Sudjana mengatakan, kegiatan mudik nantinya dikhawatirkan dapat memperluas penyebaran wabah virus corona ke daerah.

"Kami mengimbau warga Jakarta untuk tidak mudik atau menundanya dahulu, sampai wabah corona ini berakhir. Ini supaya penyebaran virus corona tidak makin meluas," kata Nana kepada awak media, Minggu (29/3/2020).

Nana mengungkapkan, mobilitas manusia saat kegiatan mudik juga dinilai sangat tinggi.

Beberapa calon pemudik juga kerap banyak yang menggunakan angkutan massal untuk pergi ke kampung halaman.

Alhasil, nantinya bakal banyak terjadi kerumunan dan membuat kemungkinan penyebaran virus corona semakin meningkat.

"Penundaan mudik juga sebagai salah satu bentuk physical distancing, atau mencegah kerumunan massa saat mudik. Mulai dari physical distancing, tetap di rumah, tidak berkumpul di luar, hingga menggunakan masker dan selalu cuci tangan," kata dia.

(Tribunnews.com, Igman Ibrahim) 

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved