Breaking News:

Teror Virus Corona

Wabah Covid-19, Mungkinkah Virus Corona Hidup di Permukaan Sepatu ?

Penelitian ilmiah memang membuktikan bahwa virus Covid-19 bisa hidup di permukaan dalam hitungan jam atau hari,

Editor: khairunnisa
(iiievgeniy)
Ilustrasi sepatu 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Para ahli terus mempelajari tentang Covid-19 agar bisa mengetahui cara menghentikan penyebarannya, sekaligus menemukan vaksinnya.

Selain aturan untuk rajin mencuci tangan, memperhatikan kebersihan barang yang kita pakai juga penting. Termasuk sepatu.

Bagaimana pun, sepatu atau alas kaki paling sering kontak di tempat publik, misalnya di supermarket atau pasar.

Jadi, banyak orang yang khawatir jika virus corona juga akan menempel dan hidup lama di permukaannya.

Penelitian ilmiah memang membuktikan bahwa virus Covid-19 bisa hidup di permukaan dalam hitungan jam atau hari, tergantung jenis permukaan.

Namun, belum ada studi yang menunjukkan virus corona bisa menyebar ke rumah melalui sepatu.

“Secara pragmatis, alas kaki berada di bagian yang paling jauh dari wajah, dan kita tahu bahwa risiko penularan terbesar adalah lewat droplet antar manusia, bukan dari sepatu ke kita,” kata pakar kesehatan masyarakat Carol Winner kepada Huffington Post.

Saat ini yang terpenting adalah mengikuti rekomendasi untuk mencuci tangan dengan benar, menghindari menyentuh wajah, dan menjaga jarak dengan orang lain di luar rumah.

Penelitian yang dimuat oleh National Institute of Health menunjukkan, virus corona bisa hidup di permukaan kardus sampai 24 jam dan sampai tiga hari pada permukaan plastik dan stainless steel.

Menurut dokter kesehatan keluarga Georgine Nanos, sepatu juga bisa jadi sumber penularan, terutama jika sering dipakai ke tempat umum.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved