Breaking News:

Penelitian Terbaru, Kucing Ternyata Bisa Terinfeksi Covid-19 hingga Tularkan ke Kucing Lainnya

Para peneliti juga meminta, jika seseorang menunjukkan gejala Covid-19 maka perlu menghindari kontak dengan kucing.

Editor: khairunnisa
Shutterstock
Kucing 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Wabah Covid-19 yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2 tak hanya menginfeksi manusia, tetapi juga hewan termasuk kucing.

Penelitian terbaru bahkan menunjukkan kucing yang terinfeksi Covid-19 bisa menularkan ke kucing lainnya, meskipun tanpa gejala penyakit.

Kasus pertama transmisi Covid-19 dari manusia ke kucing ditemukan di Belgia beberapa waktu lalu.

Tak lama berselang, ditemukan kasus pada beberapa harimau dan kucing besar di sebuah kebun binatang di New York yang dinyatakan positif Covid-19.

Selanjutnya, dua kucing peliharaan di New York juga positif Covid-19. Satu di antaranya bahkan hanya menunjukkan gejala ringan penyakit pernapasan.

"Ini adalah sesuatu yang harus diingat oleh orang-orang. Jika mereka dikarantina di rumah dan khawatir akan menularkan Covid-19 kepada anak-anak dan pasangan, mereka juga harus khawatir menularkannya kepada hewan peliharaan mereka," kata Peter Halfmann, seorang profesor riset di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wisconsin, AS, seperti dilansir dari IFL Science, Minggu (17/5/2020).

Penelitian pun dilakukan untuk mengetahui kemungkinan penularan antar kucing, yang dilakukan oleh para peneliti dari AS dan Jepang.

Mereka mengisolasi tiga ekor kucing dan memberikan virus corona di area tersebut, yang diambil dari pasien positif Covid-19.

Viral Rizal Penjual Jalangkote Di-Bully & Dipukul, Sespri Prabowo Bereaksi Keras hingga Beri Bantuan

Catat 12 Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar, Ini Amalan Sunnah pada 10 Hari Terakhir Ramadhan

Hari berikutnya, pemeriksaan swab hidung menunjukkan bahwa virus sudah menginfeksi dua kucing.

Dalam tiga hari, semua kucing dinyatakan positif terkena virus. Kemudian, kucing keempat yang tidak terinfeksi virus ditempatkan di kandang dekat tiga kucing yang positif Covid-19.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved