Breaking News:

Waspada Flu Babi G4 Berpotensi Jadi Pandemi, Dr Fauci Peringatkan Amerika Serikat

Pada Senin juga, Fauci memperingatkan bahwa AS mengalami lonjakan infeksi Covid-19, hingga 100.000 kasus baru per hari

google images
ilustrasi babi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pada Senin (29/6/2020), sebuah studi baru di Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional AS menunjukkan adanya galur baru flu babi atau bernama G4 EA H1N1 yang diidentifikasi di China.

Virus influenza terbaru itu secara genetik berasal dari A/H1N1 yang menyebabkan wabah flu babi pada 2009 silam.

Dr Anthony Fauci, Direktur Lembaga Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular AS memperingatkan pada Selasa (30/6/2020) untuk lebih memperhatikan galur baru flu babi yang tengah menyebar luas di China.

Kewaspadaan itu, menurut Fauci sebagaimana dilansir Sputnik News, dilakukan untuk menghindari terjadinya wabah besar berulang seperti yang terjadi pada gelombang virus corona di AS.

Fauci, seorang pakar penyakit menular terkemuka AS mengatakan bahwa virus flu yang dikenal dalam nama ilmiah G4 H1N1 ini rupanya berpotensi menjadi wabah atau pandemi.

Berbicara di Sidang Komite Kesehatan, Pendidikan, Tenaga Buruh dan Pensiun pada Selasa (30/6/2020), Fauci mencatat bahwa flu babi terbaru G4 ini belum terbukti menular dari manusia ke manusia.

Akan tetapi, virus dari flu babi G4 punya kemampuan 'reassortment' atau kemampuan bentuk perubahan genetik dan antigenetik yang lebih ekstrem di mana subtipe virus baru mulai bersirkulasi dalam populasi tertentu.

Dilansir Fox News, Fauci mengatakan, "Mereka melihat adanya virus di dalam babi... yang punya karakteristik sama dengan H1N1 pada 2009 dari influenza yang asli pada 1918,"

Dia juga menjelaskan bahwa semua faktor yang terkombinasi dengan beberapa elemen yang membuat rentan dalam penularan ke manusia, kemungkinan-kemungginan akan wabah yang serupa pada flu babi 2009 akan menjadi tinggi.

"Itu (penelitian tentang flu babi) masih dalam tahap penyelidikan, belum menjadi infeksi yang mengancam langsung, namun hal itu menjadi sesuatu yang perlu kita waspadai seperti yang kita lakukan pada saat munculnya flu babi pada 2009," ujar Fauci memperingatkan.

Halaman
12
Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved