Breaking News:

Adaptasi Kebiasaan Baru

Pra Adaptasi Kebiasaan Baru, Kebun Raya Bogor Hadir Dengan Konsep Baru

Pada fase penerapan Pra Adaptasi Kebiasaan Baru di Kota Bogor, Kebun Raya Bogor melakukan reopening Kebun Raya Bogor dengan konsep baru.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Pada fase penerapan Pra Adaptasi Kebiasaan Baru di Kota Bogor, Kebun Raya Bogor melakukan reopening Kebun Raya Bogor dengan konsep baru. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pada fase penerapan Pra Adaptasi Kebiasaan Baru di Kota Bogor, Kebun Raya Bogor melakukan re-opening dengan konsep baru.

Pembukaan Kebun Raya Bogor didasarkan atas surat keputusan dari Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang kemudian dikomunikasikan dengan Pemerintah Kota Bogor terkait protokol kesehatan yang diterapkan.

Tidak hanya itu dalam kesempatan re-opening tersebut Lipi juga memperkenalkan PT Mitra Natuna Raya sebagai pihak ketiga dari pihak swasta yang kini bermitra dengan LIPI sebagai pengelola Kebun Raya Bogor.

Kepala LIPI  Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa kerjasama dengan pihak ketiga untuk mengelola kebun raya tersebut tetap mengedepankan lima tugas dan fungsi kebun raya.

Tri mengatakan bahwa kebun raya di bawah LIPI memiliki fungsi riset atau menyimpan tumbuhan di luar habitat asli, eduwisata, jasa lingkungan, dan pendidikan.

Nantinya pihak swasta akan mengoptimalkan potensi fungsi wisata dan pendidikan.

"Kalau dikelola pihak swasta tentu bisa lebih baik, PT Mitra Natuna Raya (mitra pengelola kebun raya) ini baru memulai mengelola dua bulan, kemudian empat bulan selama pandemi bisa melihat lagi potensi kebun raya, bagaimana mereka bisa mengemas pusat eduwisata yang sehat," katanya saat prestour re-opering Kebun Raya Bogor di Gedung Konservasi LIPI Kebun Raya Bogor,  Kamis, (9/7/2020) sore kemarin.

Di lokasi yang sama Kepala Pusat Penelitian dan Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Henderian memastikan kerjasama dengan pihak ke tiga dalam pengelolaan kebun raya tidak akan mengurangi tugas dan fungsi kebun raya Bogor.

"Saya kira dengan begitu amat sangat bisa berjalan beriringan, usia kebun raya yang sudah 203 tahun menunjukan bahwa itu bisa berjalan dengan seimbang," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved