Breaking News:

Acara Habib Rizieq Shihab di Puncak Ternyata Tak Berizin, Satgas Covid Bogor Akui Kewalahan

Kegiatan Rizieq di Kampung Lembah Nendeut, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dipenuhi oleh massa pendukungnya.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Kedatangan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq di Puncak Bogor disambut ribuan simpatisan, Jumat (13/11/2020). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor Irwan Purnawan menjelaskan bahwa sejak awal tidak ada pemberitahuan izin terkait kegiatan acara Rizieq Shihab di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan Rizieq di Kampung Lembah Nendeut, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dipenuhi oleh massa pendukungnya.

Menurut Irwan, saat itu tim gabungan Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor telah berupaya semaksimal mungkin dalam mengamankan kegiatan tersebut.

"Enggak ada (izin), pemberitahuan ke kecamatan selaku Satgas Covid-19 juga enggak ada. Kalau ada pemberitahuan, mungkin kita balas. Apalagi kegiatan yang melebihi aturan, kita ya pasti tolak lah," kata Irwan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/11/2020).

Irwan mengatakan bahwa pihaknya sudah menurunkan 60 persen atau separuh petugas Satpol PP yang dibantu personel Satgas Covid-19 dari aparat kepolisian dan TNI.

Namun, menurut dia, yang terjadi di luar dugaan. Massa yang datang dari luar Kabupaten Bogor justru semakin membludak.

Jumlah petugas Pemkab Bogor pun juga terbatas untuk mencegah kedatangan massa, sehingga kerumunan tak bisa terhindarkan.

Pada saat itu, menurut Irwan, personel gabungan Satgas Covid-19 hanya bisa memberi imbauan ketika jemaah simpatisan FPI terus berdatangan sejak pagi hingga menjelang siang.

"Jemaahnya kebanyakan dari luar. Kita juga jadi keteteran akhirnya. Namun dari pengamanan sudah dikirimkan personel, hanya saja cuma mengimbau saja dibantu Polres dan TNI untuk menggiring mereka ke kantong-kantong parkir," kata dia.

Irwan membantah adanya upaya pembiaran.

Sebab, begitu mengetahui ada keramaian, pihaknya langsung menghubungi kecamatan untuk antisipasi.

"Cuma kan semua itu di luar dugaan. Kekuatan personel kita dikit, sementara jemaahnya banyak, bagaimana cara bubarinnya, orang segitu banyaknya dari mana-mana, kendaraan aparat kita juga terbatas," kata Irwan.

Meski begitu, Irwan belum bisa menyampaikan apakah akan ada penerapan sanksi terhadap pihak penyelenggara kegiatan yang dihadiri Rizieq Shihab tersebut.

"Soal sanksi sedang kita bahas dengan Satgas Covid-19 Pemprov Jabar. Paling tidak, tempat-tempat yang disinggahi jemaah HRS harus di-tracing," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kegiatan Rizieq di Puncak Bogor Tanpa Izin, Satgas Covid-19 Akui Kewalahan

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved