Breaking News:

Vaksinasi Lansia akan Dimaksimalkan Lewat Puskesmas hingga Layanan Drive Thru

vaksinasi dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bogor mencapai 3.000 dosis per hari di dua titik penyuntikan vaksin.

Istimewa/Pemkot Bogor
Sebanyaj ada 458 atlet dan insan olahraga serta 247 wartawan dan karyawan media yang divaksin di Ballroom Puri Begawan, Jumat (12/3/2021). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pemerintah Kota Bogor terus memperluas cakupan vaksinasi.

Setelah sebelumnya menyasar tenaga kesehatan, pelayan publik hingga pelaku pariwisata, kini giliran atlet, insan olahraga, wartawan hingga karyawan media.

Tercatat, ada 458 atlet dan insan olahraga serta 247 wartawan dan karyawan media yang divaksin di Ballroom Puri Begawan, Jumat (12/3/2021).

Wali Kota Bogor Bima Arya pun meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi tersebut.

“Hari ini ada peraih emas Asian Games asal Kota Bogor, tim olahraga dan teman-teman media bergabung bersama pelayan publik. Kita targetkan mudah-mudahan bisa lebih cepat karena kita tambah sesuai dengan arahan dari Presiden, Gubernur, kita akan tambah lokasinya, yaitu di hotel dan di mall,” ungkap Bima Arya.

Ia menambahkan, saat ini kapasitas vaksinasi yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bogor mencapai 3.000 dosis per hari di dua titik penyuntikan vaksin, yakni Puri Begawan dan IPB International Convention Center (IICC).

“Nanti kalau ditambah beberapa titik akan naik, sehingga lebih cepat, lebih bagus. Dan sejauh ini tidak ada efek-efek signifikan. Kita berharap dan optimis vaksin ini betul-betul memberikan hasil yang baik,” ujarnya.

Hingga saat ini, sudah sekitar 25.000 orang yang sudah dilakukan vaksinasi massal.

Sebanyak 458 atlet dan insan olahraga serta 247 wartawan dan karyawan media yang divaksin di Ballroom Puri Begawan, Jumat (12/3/2021).
Sebanyak 458 atlet dan insan olahraga serta 247 wartawan dan karyawan media yang divaksin di Ballroom Puri Begawan, Jumat (12/3/2021). (Istimewa/Pemkot Bogor)

“Makanya kita ingin kejar. Bulan puasa kan agak melambat ritmenya. Makanya kita akan kejar sebelum puasa bisa lebih maksimal. Karena sudah banyak tempat-tempat yang bersedia dan kooperatif, seperti mall, hotel, Pusdikzi dan kantor pemerintahan. Nanti juga di GOR ada drive thru hari Rabu untuk Lansia. Kita memaksimalkan semua potensi kita,” jelas Bima.

Di tempat yang sama, Kepala Dinkes Kota Bogor Sri Nowo Retno menjelaskan, sasaran target vaksin untuk lansia sebanyak 61.198 orang.

“Ini kami dapat dari RW, Kader Posyandu di wilayah-wilayah lalu didaftarkan ke Puskesmas terdekat. Sejauh ini yang sudah masuk 61.000-an tadi,” ujar Retno.

Ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk Lansia akan dilakukan menggunakan sistem drive thru di GOR Pajajaran untuk mengurai kepadatan jika hanya dipusatkan di Puskesmas.

“Kita sudah buat alurnya. Hampir sama seperti swab drive thru sistemnya. Rabu nanti akan kita mulai. Observasinya di dalam mobil, motor juga bisa nanti. Kalau Lansia komunitas bisa dibikin massal, misalnya paguyuban, pensiunan apa dan lain sebagainya. Kalau lansia individu bisa drive thru ataupun di wilayah-wilayah, agar dekat bisa ke Puskesmas. Rumah sakit juga nanti kita akan buka layanan khusus vaksin Lansia seperti BSH, Siloam, BMC,” pungkasnya.(*)

Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved