Breaking News:

Info Kesehatan

Varian Baru Covid-19 Ini Sulit Terdeteksi Swab PCR, Apakah Berbahaya? Ini Penjelasannya

Varian baru virus corona Perancis tersebut menunjukkan mutasi virus yang aneh, yang membuatnya sulit dideteksi dengan beberapa swab test

Editor: Tsaniyah Faidah
Tumisu/Pixabay
Varian baru Covid-19 tak terdeketsi test PCR, seberapakah bahayanya? 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Setelah B117 dari Inggris, ada satu lagi varian baru Covid-19 ditemukan di Perancis.

Kementerian Kesehatan Perancis mengumumkan hal ini pada Selasa 16 Maret 2021.

Varian baru yang belum memiliki sebutan alfanumerik ini, bukanlah varian virus pertama yang tidak terdeteksi oleh alat tes uji Covid-19.

Sebab, pada bulan lalu, peneliti Finlandia mengumumkan bahwa mereka telah mengidentifikasi strain virus yang disebut Fin-796H.

Dilansir dari Business Insider dan dikutip dari kompas.com, Kementerian Kesehatan dan Sosial Perancis mengumumkan bahwa di antara 79 kasus positif Covid-19 di Brittany, sebuah wilayah di semenanjung Perancis, delapan pasien Covid-19 ini terinfeksi varian virus baru dari SARS-CoV-2.

Akan tetapi, di antara delapan pasien tersebut, tes Covid-19 menunjukkan hasil negatif.

Kendati tes Covid yang dilakukan menunjukkan hasil negatif, namun pasien tersebut menunjukkan gejala Covid-19 yang khas.

Baca juga: Makanan Pencegah Covid-19, Kenali Jenisnya Agar Lebih Kebal dari Paparan Virus Corona

Tak terdeteksi swab test

Tes laboratorium molekuler standar atau yang dikenal sebagai RT-PCR biasanya mencari infeksi menggunakan kapas yang diusapkan ke dalam hidung pasien untuk mencari kode genetik virus.

Akan tetapi, Direktorat Kesehatan Perancis menyebutkan, pengurutan genetik menunjukkan varian baru yang ditemukan di Brittany mengalami beberapa mutasi pada protein lonjakannya dan membuat tak terdeteksi dengan cara ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved