Breaking News:

Info Kesehatan

16 Penyakit yang Berpotensi Jadi Pandemi, Selain Covid-19, Tetap Waspada !

Dokumen tersebut memperingatkan: " Covid-19 hanyalah salah satu dari banyak penyakit dengan potensi pandemi

Vektor Kunst/Pixabay
Ilustrasi virus corona atau Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Penyakit disebut dapat menghancurkan peradaban bila mulai menyebar dan menjadi pandemi, seperti yang  diidentifikasi dalam laporan ilmuwan terbaru.

Dilansir Mirror, 16 penyakit telah muncul di berbagai negara di seluruh dunia dan berpotensi memicu pandemi baru, setelah Covid-19

Sementara beberapa penyakit sudah terkenal di Barat, seperti E. coli dan HIV, penyakit lain kurang dikenal tetapi sama mematikannya.

Salah satu penyakit dalam daftar dapat menyebabkan pendarahan dari lubang dan pembengkakan otak.

Penyakit tersebut disorot dalam laporan yang diterbitkan oleh Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI), sebuah organisasi yang didirikan oleh Bill and Melinda Gates Foundation, Wellcome Trust, dan beberapa negara.

Baca juga: Update Covid-19 Kabupaten Bogor 22 Maret 2021 : Tambahan 104 Sembuh, 97 Positif Baru

Baca juga: 8 Penyebab Sesak Napas saat Berjalan, Waspada Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya

Dokumen tersebut memperingatkan: " Covid-19 hanyalah salah satu dari banyak penyakit dengan potensi pandemi."

"Lebih dari 1,6 juta spesies virus yang belum ditemukan dari keluarga virus ini diperkirakan ada pada mamalia dan inang burung.

"Dan salah satu dari penyakit ini bisa jadi Covid berikutnya, atau lebih buruk."

Anggota staf medis yang mengenakan alat pelindung diri (APD) merawat pasien di unit perawatan intensif (ICU) Covid-19 rumah sakit Bolognini di Seriate, Bergamo, pada 12 Maret 2021
Anggota staf medis yang mengenakan alat pelindung diri (APD) merawat pasien di unit perawatan intensif (ICU) Covid-19 rumah sakit Bolognini di Seriate, Bergamo, pada 12 Maret 2021 (Miguel MEDINA / AFP)

Isu yang disorot dalam laporan itu adalah virus corona selain Covid-19, yang dapat merusak populasi dunia dengan konsekuensi yang lebih mematikan.

Laporan itu juga memperingatkan: "Munculnya virus corona yang menggabungkan penularan Covid-19 dengan SARS atau MERS akan menghancurkan peradaban."

Halaman
1234
Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved