Breaking News:

IPB University

Pakar IPB University Ungkap Perilaku Konsumen Jaman Now : Butuh Banyak Gambar dan Video

konsumen omni-channel mencari informasi di internet dengan menggunakan kombinasi dari berbagai channel serta membandingkan dan membeli produk

Editor: Soewidia Henaldi

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Konsumen 4.0 memiliki ciri-ciri fokus pada produk custom dan personal, membutuhkan banyak gambar dan video grafik, kental dengan hal-hal internet of things (IoT), digital channel and communication, banyak menggunakan smartphone, serta market place.

“Jadi penting bagi kita untuk mengetahui target dan perilaku konsumen. Dan kita menyesuaikan dengan itu. Sekarang salah satu perilaku konsumen adalah sangat akrab dan adaptif dengan IoT, software, aplikasi dan sebagainya,” ujar Pakar Perilaku Konsumen dari IPB University, Prof Ujang Sumarwan saat menjadi narasumber dalam Serial Webinar 2021 “IPB Innovation and Business Sustainability”.

Kegiatan ini digelar oleh Science Techno Park (STP) IPB University sebagai upaya akselerasi inovasi untuk mewujudkan Technosociopreneurial University sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa. 

Menurut Dekan Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University ini, konsumen tersebut dibagi lagi menjadi dua kategori yakni multi-channel shopper dan omni-channel shopper.

Perbedaannya, konsumen omni-channel mencari informasi di internet dengan menggunakan kombinasi dari berbagai channel serta membandingkan dan membeli produk secara simultan.

Marketer juga dapat memanfaatkan database seperti google trends untuk memahami tren konsumen saat ini.

Oleh karenanya, pemahaman konsep marketing 4.0 ini menjadi penting dalam menanggapi perubahan perilaku konsumen. 

Kini, konsumen terkoneksi dengan semua yang dibutuhkan, ditambah dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan internet.

“Marketer perlu menggunakan multichannel strategy. Mengingat baik marketer maupun konsumen kini saling terkoneksi dengan pasar,” imbuhnya.

Selain Prof Ujang, webinar ini juga menghadirkan dua alumni IPB University yang pernah menjadi tenant inkubator bisnis IPB University.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved