Breaking News:

Sampah dan Jelantah Diubah Jadi Alat Jaminan Kesehatan Masyarakat Pra Sejahtera

Sudah sejak tiga tahun silam Salam Aid membuka dua klinik layanan Kesehatan bagi masyarakat yang hanya berbayar dengan sampah yang dikelola.

Editor: khairunnisa
Istimewa Salam Aid
Sampah dan Jelantah Diubah Jadi Alat Jaminan Kesehatan Masyarakat Pra Sejahtera 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Permasalahan sampah dan Kesehatan memang sangat berkaitan erat, jumlah sampah yang kian hari kian bertambah dan tidak terkelola tentu menjadi masalah, dari lingkungan yang kotor bias menyebabkan berbagai gangguan Kesehatan.

Berawal dari keresahan tersebut, Salam Aid sebagai Lembaga kemanusiaan yang juga konsen terhadap isu Kesehatan dan lingkungan tentu menangkap hal ini sebagai masalah bersama sehingga harus berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut serta menjadikannya sebagai lading kebaikan bersama.

Sudah sejak tiga tahun silam Salam Aid membuka dua klinik layanan Kesehatan bagi masyarakat yang hanya berbayar dengan sampah yang dikelola dan dipilah dari rumah para pasien.

Klinik pertama berlokasi di Ruko Perumahan Mutiara Bogor Raya, Katulampa Bogor dan klinik kedua berlokasi di Jl. PangeranSogiri no. 160. Tanah Baru, Bogor Utara Kota Bogor.

Setiap harinya masing-masing klinik ini melayani 30 hingga 50 pasien perhari.

Setiap warga yang akan berobat diwajibkan membawa sampah yang sudah di pilah dari rumah dengan ketentuan jenis sampah seperti : botol plastik, gelas plastik, kardus, kertas, buku, kaleng, besi, duplek, plastik campuran hingga minyak jelantah dan pakaian layak pakai.

Dengan menerapkan sistem bank sampah, warga yang berobat juga otomatis tercatat sebagai nasabah Bank Sampah Salam Aid.

Selain para pasien itu sendiri, SalamAid melalui program pemberdayaan masyarakat #SalamBerdaya membentuk Bank Sampah unit di pemukimansetingkat RT / RW.

Saatini sudah tersebar di 4 wilayah yaitu di ;

- Bank Sampah Kampung Petir, Tanah Baru
- Bank sampah Kinanti Perum. BTN Blok G, Tanah Baru
- Bank SampahKp. Selawi Tanah Baru
- Bank Sampah Mutiara Bogor Raya, Katulampa.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved